Angin Kencang, BMKG Sebut Siklon Tropis Paddy Mulai Menjauhi Indonesia

Laporan: Azhar Ferdian
Rabu, 24 November 2021 | 22:05 WIB
Siklon Tropis Paddy/Dok BMKG
Siklon Tropis Paddy/Dok BMKG

SinPo.id - Fenomena angin kencang di Indonesia ternyata disebabkan Siklon Tropis Paddy. Angin kencang tersebut mengakibatkan sejumlah pohon besar tumbang di wilayah DKI Jakarta.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan Siklon Tropis Paddy secara umum menunjukkan pergerakan sistem yang semakin menjauhi wilayah Indonesia. Siklon Tropis Paddy ke arah tenggara hingga selatan, kemudian ke arah barat hingga barat daya di sekitar Samudera Hindia selatan Jawa.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto menjelaskan berdasarkan analisis hari ini sistem Siklon Tropis Paddy berada di posisi 13.8 LS dan 106.9 BT diidentifikasi telah melemah intensitasnya dan dinyatakan punah serta menjadi sistem Ex-Tropical Cyclone yang dikategorikan sebagai tropical low, dimana kecepatan angin maksimum di sekitar sistemnya kurang dari 35 knot (65 km/jam).

“Suatu kriteria bahwa sistem dikategorikan sebagai Siklon Tropis adalah apabila kecepatan angin maksimum di sekitar sistemnya mencapai minimal 35 knot (65 km/jam),” ujar Guswanto dalam keterangan resminya, Rabu (24/11).

BMKG memprediksi hingga dua hari ke depan, sistem Ex-TC Paddy diidentifikasi masih persisten di Samudera Hindia Selatan Jawa dengan pergerakan sistem ke arah barat hingga barat daya semakin menjauhi wilayah Indonesia disertai dengan intensitas sistem yang semakin melemah. Dia mengatakan dengan punahnya kategori Siklon Tropis Paddy mulai hari ini, maka keberadaan sistem Ex-TC Paddy tersebut tidak berdampak signifikan terhadap kondisi cuaca secara umum di wilayah Indonesia.

“Fenomena angin kencang sebagai dampak tidak langsung dari keberadaan TC Paddy sebelumnya di wilayah Banten dan Jakarta yang terjadi pada tanggal 23 November 2021 sudah mulai berkurang dan tidak signifikan dalam 24 jam ke depan,” ujarnya.sinpo

Komentar: