Wow, Manuskrip Berisi Perhitungan Teori Relativitas Einstein Terjual Rp176 M

Laporan: Azhar Ferdian
Rabu, 24 November 2021 | 22:49 WIB
Dokumen Teori Relativitas Einstein/Net
Dokumen Teori Relativitas Einstein/Net

SinPo.id - Manuskrip berisi perhitungan yang dibuat Albert Einstein saat dia berusaha merumuskan teori relativitasnya telah terjual di lelang seharga 11 juta euro (Rp176 miliar).

Penjualan di rumah lelang Christie di Paris pada Selasa (23/11) itu memecahkan rekor untuk dokumen ilmiah yang ditandatangani.

Ini adalah salah satu dari hanya dua makalah yang menunjukkan cara kerja fisikawan teoretis dalam terobosan ilmiahnya yang hebat.

Teorinya, yang diterbitkan pada 1915, mengubah pemahaman umat manusia tentang ruang, waktu, dan gravitasi.

Naskah perhitungan itu ditulis antara tahun 1913 dan 1914 oleh Einstein dan rekannya dari Swiss Michele Besso, yang menyimpan dokumen tersebut.

Rumah lelang Christie memuji Besso atas pemikirannya yang maju dalam menyelamatkan manuskrip tersebut.

"Einstein adalah seseorang yang menyimpan sangat sedikit catatan, jadi fakta bahwa manuskrip itu selamat dan sampai kepada kita sudah membuatnya menjadi luar biasa," ujar Vincent Belloy, ahli di rumah lelang.

Makalah-makalah tersebut berisi perhitungan dengan pena hitam dan menurut Belloy, menunjukkan sejumlah kesalahan dalam perjalanan merumuskan teori.

“Penjualan itu menarik kolektor dari seluruh dunia yang mengakui pentingnya dokumen itu," papar pernyataan Christie's.

Namun pembeli kertas setebal 54 halaman itu belum terungkap. Teori relativitas Einstein menjelaskan kelahiran alam semesta, orbit planet, dan lubang hitam.

Mei lalu, sepucuk surat yang ditulis Einstein berisi persamaan teori yang paling terkenal, E=mc², terjual lebih dari USD1,2 juta atau Rp17 miliar.sinpo

Komentar: