Uji Coba Jelang Piala AFF, Timnas Indonesia Kalahkan Myanmar 4-1

  • Laporan:

SinPo.id - Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Myanmar dengan skor telak 4-1 dalam laga uji coba kedua di Turki, Kamis (25/11) malam WIB. 

Determinasi tinggi dan kerja keras berhasil ditampilkan Pasukan Shin Tae-yong sepanjang pertandingan. Skuat Garuda menampilkan permainan impresif sejak babak pertama.

Evan Dimas dan kawan-kawan sukses menguasai jalannya pertandingan lewat penguasaan bola. Serangan yang dibangun dari sisi kiri dan sisi kanan juga terlihat sangat efektif.

Peluang pertama berhasil diciptakan Witan Sulaeman dari akselerasinya di sisi kiri pada menit ketiga. Ia berhasil melewati seorang pemain dan menusuk ke dalam kotak penalti lawan. Namun, umpan datar yang dikirimkan gagal disambut oleh rekan-rekannya di mulut gawang.

Tak butuh waktu lama, skuat Garuda kembali melesatkan peluang pemecah kebuntuan semenit berselang. Ezra Walian mengirimkan umpan cantik dari sisi kiri, dan berhasil ditanduk Ricky Kambuaya. Tandukan itu sukses merobek jala Pyae Phyo Ayng pada menit keempat sekaligus memimpin dengan skor 1-0.

Usai unggul, Evan dan kawan-kawan sempat ditekan Myanmar. Namun, pertahanan terlihat tampil cukup solid. Menariknya, transisi menyerang lewat serangan balik yang dibangun sangat bagus.

Terpantau menit ke-11, serangan balik skuat asuhan Shin Tae-yong berjalan dengan ciamik. Berawal dari umpan terobosan Alfeandra Dewangga dari tengah lapangan, Irfan Jaya berhasil lolos dari jebakan offside dan melakukan penyelesaian yang gemilang untuk menggandakan keunggulan menjadi 2-0.

Timnas Myanmar sedikit merepotkan usai tertinggal 0-2. Mereka sejatinya memiliki peluang emas guna mempersempit kedudukan pada menit ke-30. Namun, tendangan tersebut masih terbilang lemah bagi Muhammad Riyandi.

Meski ditekan, serangan balik yang dilancarkan selalu berbahaya. Terbukti, Witan berhasil mencetak gol lewat skema yang sama pada menit ke-33. Ia berhasil melesatkan tembakan meski ditempel ketat oleh pemain bertahan lawan. Gol Witan memastikan keunggulan 3-0 pada jeda turun minum. 

Memasuki babak kedua pada menit ke-46, Irfan kembali membahayakan Timnas Myanmar. Sayangnya, tendangan kerasnya di dalam kotak penalti masih bisa ditepis. Kemudian, Ezra yang menyambar umpan Ricky pada menit ke-49 juga sedikit melenceng di sisi kiri gawang.

Keunggulan baru tercipta kembali pada menit ke-54. Gol tersebut datang dari hadiah titik penalti usai salah satu pemain Myanmar melakukan hand ball di kotak terlarang. Ezra sukses menjadi algojo dan menjauhkan skor menjadi 4-0.

Namun, gawang Riyandi berhasil dicoreng pada menit ke-72. Maung-Maung Lwin memperkecil kedudukan menjadi 1-4 usai memanfaatkan peluang dari Hlang Bo Bo.

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar