Cina Terbitkan UU Perlindungan Burung Bermigrasi Yang Mulai Berlaku Awal 2022

  • Laporan:

SinPo.id - Sebuah undang-undang (UU) baru akan berlaku pada 1 Januari 2022 untuk melindungi burung-burung yang bermigrasi, khususnya bangau Siberia, di Danau Poyang, yang merupakan danau air tawar terbesar di Tiongkok.

Peraturan yang disahkan pada pertemuan ke-34 Komite Tetap Kongres Rakyat Provinsi Jiangxi ke-13 akan menjadi UU tingkat provinsi pertama di Tiongkok untuk melindungi burung migran, menurut departemen kehutanan provinsi tersebut pada Selasa (23/11).

Peraturan tersebut memiliki bab khusus untuk perlindungan burung bangau Siberia, dengan delapan klausul yang berfokus pada perlindungan sumber makanan burung dan lingkungan hidup di Danau Poyang.

Menurut peraturan tersebut, sebuah pembatasan diterapkan guna melarang individu dan entitas lain untuk memindahkan atau merusak tanda level air terendah di area inti Cagar Alam Nasional Danau Poyang tanpa izin.

Para pakar mengatakan bahwa jika air danau berada di bawah batas, hal tersebut akan membahayakan keanekaragaman hayati di kawasan cagar inti.

Bangau Siberia terpilih sebagai "burung provinsi" Jiangxi pada 2019.

Hanya ada sekitar 4.000 bangau Siberia di seluruh dunia, dan spesies itu terdaftar sebagai "sangat terancam punah" oleh Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam.

"Dalam beberapa tahun terakhir, bangau Siberia menjadi lebih berani dan jangkauan mereka semakin membesar, membentang dari cagar alam hingga ke lahan pertanian di sekitarnya, kolam teratai, serta sejumlah kawasan lain," papar Wu Xudong, wakil kepala biro administrasi cagar alam tersebut.

"Pemerintah setempat telah secara aktif membimbing masyarakat yang tinggal di sekitar danau untuk menanam pakan tambahan bagi kawanan burung itu seperti akar teratai dan benih Gordon Euryale agar burung-burung tersebut tetap berada di sekitar kawasan cagar alam," Wu menambahkan.

Sebanyak enam organisasi dari Tiongkok, Rusia, dan Mongolia menandatangani Nota Kesepahaman tentang konservasi bangau Siberia di Jiangxi pada 2019. Para peserta berjanji untuk bekerja sama guna mengumpulkan dan membagikan data ilmiah seperti kawasan berkembang biak, ukuran populasi, dan berbagai habitat yang berbeda untuk spesies langka itu.

Dengan luas permukaan lebih dari 3.200 kilometer persegi, Danau Poyang menampung hingga 700.000 burung musim dingin setiap tahun.

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar