Dugaan Korupsi Anak Perusahaan BUMN, Polda Metro Sita Duit Rp 8,9 Miliar

Laporan: Farez
Sabtu, 27 November 2021 | 10:22 WIB
Barang bukti uang yang disita Polda Metro Jaya dari PT PDS/Net
Barang bukti uang yang disita Polda Metro Jaya dari PT PDS/Net

SinPo.id - Kasus dugaan korupsi pada anak perusahaan BUMN yakni PT Peruri Digital Security (PDS) diungkap Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda Metro Jaya.

Kasus dugaan korupsi di PT PDS ini bermodus pengadaan fiktif yang terjadi sekitar bulan Maret 2018 hingga 2020. Rentan waktu tersebut PT PDS melakukan pengadaan penyediaan data Storage, Network Performance Monitoring dan Diagnotic, Siem dan Manage Service.

"Kegiatan tersebut secara administratif dokumennya telah dilengkapi tetapi tidak pernah dilakukan proses pengadaan barangnya," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan di Mapolda Metro Jaya, Jumat (26/11).

Direskrimsus Polda Metro Jaya dalam kasus itu menyita sebesar 8,9 miliar dan telah melakukan pemeriksaan terhadap 40 orang saksi.

Meski telah melakukan pemeriksaan sejumlah saksi dan menyita uang, Polda Metro Jaya belum menetapkan tersangka dalam kasus ini.

Zulpan menjelaskan, pengadaan tersebut senilai Rp13,17 miliar. Sumber dananya berasal dari kas operasional perusahaan PT. PDS. Sampai saat ini proses pembayaran baru sebesar Rp10 miliar.

Atas perbuatannya, Pasal yang bakal disangkakan Pasal 2 dan atau Pasal 3 UU 31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dengan UU 20/2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi.sinpo

Komentar: