Bendera Bintang Kejora Bakal Dikibarkan Di HUT OPM Besok, Polri Siaga?

Laporan: Azhar Ferdian
Selasa, 30 November 2021 | 20:51 WIB
Pasukan OPM/Net
Pasukan OPM/Net

SinPo.id - Polri bersiaga mengamankan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) menjelang HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM) pada 1 Desember 2021 besok. Ini dilakukan setelah muncunya pernyataan dari OPM yang akan mengibarkan bendera.

"Tentu Polri akan jaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas)," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan di kantornya, Jakarta Selatan, Selasa (30/11).

Selain itu, Ramadhan menyebut anggota di Bumi Cenderawasih juga melakukan upaya preventif dan pencegahan. Kemudian, edukasi dan sosialisasi agar dapat menjaga keamanan bersama-sama. "Karena prinsipnya kita jaga situasi kamtibmas aman dan terkendali," ujarnya.

Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) sebelumnya menyatakan akan mengibarkan bendera Bintang Kejora besok Rabu, 1 Desember 2021. Pengibaran bendera itu dilakukan saat HUT OPM.

Bendera Bintang Kejora itu akan dikibarkan di Kabupaten Intan Jaya. Selain itu, mereka juga akan meletuskan tembakan dan membunyikan genderang perang melawan pasukan TNI-Polri.

"Maka saya, Undius Kogoya mengeluarkan perintah bahwa penjemputan tanggal 1 Desember memperingati hari kemerdekaan West Papua dengan bunyi tembakan. Bahwa Intan Jaya mandi darah, kami tidak akan diam untuk perang melawan kolonial TNI Polri sampai Papua merdeka," kata Juru Bicara TPNPB-OPM Sebby Sambom mengutip Undius dalam keterangan tertulis, Selasa (30/11).sinpo

Komentar: