Keren, WSBK Mandalika 2021 Jadi Ajang Balap Terfavorit Versi Crash

Laporan: Azhar Ferdian
Selasa, 30 November 2021 | 22:22 WIB
Pembalap PATA Yamaha Toprak Razgatlioglu usai memenangi WSBK Mandalika/Net
Pembalap PATA Yamaha Toprak Razgatlioglu usai memenangi WSBK Mandalika/Net

SinPo.id - Ajang balap World Superbike (WSBK) 2021 yang digelar di sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) Indonesia menjadi yang terfavorit ketiga di tahun ini di bawah MotoGP dan Formula 1. Hal itu diklaim laman Crash pada Selasa (30/11).

Pertarungan kejuaraan WSBK 2021 berlangsung mendebarkan, sengit, dan unik. Ajang ini menyajikan persaingan gelar juara antara pembalap PATA Yamaha Toprak Razgatlioglu dan Jonathan Rea dari Kawasaki.

Tak hanya itu, yang lebih spesial lagi adalah diselenggarakan pada sirkuit baru yang belum pernah diketahui para pembalap sebelumnya. Ya, sirkuit itu terletak di Mandalika, Indonesia.

Musim WSBK 2021 dinilai laman Crash sebagai salah satu yang terbaik sepanjang sejarah. Di mana Razgatlioglu, Rea dan Scott Redding menghasilkan pertarungan sepanjang musim yang luar biasa.

Razgatlioglu merebut gelar pada balapan pertama sepanjang karirnya padahal hanya finis kedua di race 1 dan keempat di race 2. Sementara, Rea yang memenangkan kedua balapan Mandalika sudah dinyatakan gagal juara sejak race 1.

Perebutan gelar tersebut cukup mirip dengan di F1 di musim ini. Di mana saat ini Max Verstappen dan Lewis Hamilton hanya terpaut delapan poin dengan dua balapan tersisa. Diprediksi kejar-kejaran poin akan berlangsung hingga detik terakhir.

Mirip juga dengan gelaran MotoGP 2021. Ya meski Fabio Quartararo relatif nyaman menjadi juara dengan tiga balapan tersisa, ia terkaget-kaget dengan rivalnya, Francesco Bagnaia. Bagnaia berhasil merebut keunggulan 50 poin plus dan menipiskan poin di klasemen menjadi hanya 26 berkat kemenangan di Portimao dan Valencia.

Persaingan ketat itu membantu seri ini menjadi kejuaraan balap paling populer ketiga di tahun 2021. Itu dinilai dari jumlah penayangan dan kegembiraan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Belum lagi seri ini mampu menonjol berkat adanya identitas merek yang diperbarui untuk musim depan. Selain itu, logo baru juga telah diperkenalkan oleh sebagian pejabat WorldSBK menuju tampilan yang lebih modern.sinpo

Komentar: