Tahukah? Ternyata Vaksin Jadi Kata Terpopuler Kamus Merriam-Webster Di 2021

Laporan: Samsudin
Rabu, 01 Desember 2021 | 08:00 WIB
Vaksin jadi kata terpopuler pada tahun 2021/net
Vaksin jadi kata terpopuler pada tahun 2021/net

SinPo.id - Penerbit kamus referensi terkemuka Amerika Serikat (AS) Merriam-Webster mengumumkan bahwa "vaksin" (vaccine) terpilih sebagai kata terpopuler perusahaan itu untuk 2021, tahun di mana vaksinasi massal dilakukan untuk melawan pandemi COVID-19 di negara itu dan perdebatan soal suntikan vaksin tidak kunjung mereda.

Perusahaan tersebut mengatakan bahwa ada dua alasan utama dari pemilihan itu, yakni peran vaksin dalam menghentikan penyebaran virus, dan diskusi nasional tentang bagaimana menangani inokulasi yang sering kali tercampur dengan pandangan politik masyarakat.

"Arti kata 'vaksin' lebih dari sekadar obat pada 2021. Bagi banyak orang, kata itu melambangkan kemungkinan kembalinya kehidupan yang kita jalani sebelum pandemi,” katanya seperti dikutip dari Xinhua News, Rabu (1/12).

Namun, kata tersebut juga menjadi pusat perdebatan tentang pilihan pribadi, afiliasi politik, regulasi profesional, keamanan sekolah, ketidaksetaraan perawatan kesehatan, dan banyak lagi," tulis Merriam-Webster dalam sebuah pernyataan.

Perusahaan itu mengatakan bahwa pencarian kata "vaksin" meroket hingga 601 persen dibandingkan pada 2020, sementara minat pada kata tersebut telah meningkat sejak awal pandemi, sebelum vaksin diluncurkan. Pencarian kata itu tumbuh 1.048 persen pada 2021 dibandingkan pada 2019, menurut perusahaan tersebut.

"Solusi medis yang menjanjikan untuk pandemi yang mengombang-ambingkan hidup kita pada 2020 juga menjadi argumen politik dan sumber perpecahan. Kisah sains terbesar di zaman kita dengan cepat menjadi perdebatan terbesar di negara kita, dan kata yang berada di tengah kedua kisah itu adalah 'vaksin'," papar pernyataan tersebut.

Pihak perusahaan mencatat bahwa sepanjang 2020, diskusi tersebut dipusatkan terutama pada pendanaan, pengembangan, pengujian, dan pendistribusian akhir vaksin. Sedangkan sejak Agustus, "diskusi tentang kebijakan, persetujuan, dan tingkat vaksinasi, daripada kata 'vaksin' itu sendiri, membawa orang-orang melihat kamus tersebut."

Merriam-Webster juga mengumumkan 10 kata runner-up terpopuler tahun ini, yaitu insurrection, perseverance, woke, nomad, infrastructure, cicada, Murraya, cisgender, guardian, dan meta.sinpo

Komentar: