Pintu Umrah Dibuka Bagi RI, 18 Ribu Jemaah Prioritas Diberangkatkan Desember Ini

Laporan: Samsudin
Rabu, 01 Desember 2021 | 11:10 WIB
Ilustrasi. 18 Ribu lebih jemaah umrah Indonesia siap diberangkatkan pada Desember tahun ini/net
Ilustrasi. 18 Ribu lebih jemaah umrah Indonesia siap diberangkatkan pada Desember tahun ini/net

SinPo.id - Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas memastikan bakal memberangkatkan jemaah umrah di Desember 2021 setelah otoritas penerbangan Arab Saudi, General Authority of Civil Aviation (GACA) membuka pintu bagi WNI.

Sejumlah prioritas ditetapkan Kementerian Agama (Kemenag) dalam memilih calon jemaah yang akan diberangkatkan. Pertama, jemaah yang mengalami penundaan. Sebab, Arab Saudi menutup pelaksanaan ibadah umrah bagi Indonesia selama setahun terakhir. Yaqut menyebut puluhan ribu jemaah tersebut memang sempat tertunda keberangkatannya karena pandemi COVID-19.

yaqut menyebut, jemaah umrah yang tertunda keberangkatannya, berdasarkan data yang ada pada sistem informasi pengawasan terpadu umrah dan haji khusus (siskopatuh) sampai saat ini terdapat 59.757 jemaah.

“Dan sebanyak 18.752 jemaah umrah di antaranya sudah memegang visa sehingga bisa langsung diberangkatkan pada Desember 2021 ini. Mereka yang tertunda keberangkatannya menjadi prioritas,” tegasnya.

Selain itu, jemaah yang diberangkatkan harus berumur 18-65 tahun. Mereka juga harus mendapatkan dosis lengkap vaksin.
 
“Bagi jemaah yang diimunisasi dengan vaksin diakui pemerintah Arab Saudi bisa langsung menunaikan ibadah umrah tanpa karantina,” tandasnya.
 
Sedangkan jemaah yang mendapatkan suntikan vaksin yang diakui Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) wajib menjalani karantina selama tiga hari. Tak hanya itu, mereka baru diperkenankan menunaikan umrah setelah dinyatakan negatif melalui hasil tes PCR.sinpo

Komentar: