Santer Reshuffle, Pengamat: Hadi Tjahjanto Jadi KSP, PAN Dapat Satu Setengah

Laporan: Farez
Rabu, 01 Desember 2021 | 11:30 WIB
Mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto diprediksi masuk kabinet Jokowi/net
Mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto diprediksi masuk kabinet Jokowi/net

SinPo.id - Pengamat Politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia Ujang Komarudin meyakini, perombakan kabinet Indonesia Maju akan dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam waktu dekat ini.

Diprediksi Ujang Komarudin, mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto akan ditarik masuk ke kabinet untuk mengisi posisi Kepala Staf Presiden (KSP) menggantikan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko.

“Atau, jika Hadi tidak menjadi KSP pada reshuffle kabinet nanti, maka ia akan mengisi posisi Menteri. Kalau pun tidak, mungkin saja ditawari Dubes oleh Jokowi," kata Ujang Komarudin kepada wartawan di Jakarta, Rabu (1/12).

Sementara itu, terkait jatah untuk Partai Amanat Nasional (PAN) yang belakangan menjadi bagian dari koalisi pemerintah, diprediksi akan mendapatkan satu kursi Menteri dan Wakil Menteri (Wamen) di Kabinet Indonesia Maju.

"PAN itu kemungkinan dapat jatah 1 kursi. Atau bisa dapat 1 setengah. Artinya 1 Menteri, setengah itu maksudnya Wamen," ujar Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) ini.

Namun demikian, Ujang menyebut semua tetap hanyalah prediksi politik yang paling mungkin dari sekian banyak kemungkinan. Sebab, otoritasnya penuh tetap berada di tangan Presiden Jokowi.

"Semuanya Jokowi yang tahu (reshuffle)," tandasnya.sinpo

Komentar: