KM Berkat Niaga Terbakar Di Bangka Barat, 9 ABK Nyebur Ke Laut

Laporan: Azhar Ferdian
Kamis, 02 Desember 2021 | 00:43 WIB
KM Berkat Niaga terbakar di Bangka Barat/Net
KM Berkat Niaga terbakar di Bangka Barat/Net

SinPo.id - Kantor SAR Pangkal Pinang melakukan evakuasi terhadap sembilan orang ABK KM Berkat Niaga, yang mengalami insiden kebakaran di perairan Pantai Bembang, Kecamatan Jebus, Kabupaten Bangka Barat.

Peristiwa nahas tersebut, menimpa KM Berkat Niaga yang bermuatan karet dan hendak berangkat dari Palembang menuju ke Pontianak, pukul 5 sore, Rabu (1/12).

"Basarnas Pangkal Pinang mendapatkan laporan dari KSOP Muntok selang 15 menit dari kejadian. Kantor SAR Pangkal Pinang segera melaksanakan penyelamatan dengan menggerakkan personel unit siaga Muntok dan Pos AL Muntok ke lokasi kejadian. Untuk lokasi kejadian kebakaran dari bibir pantai Bembang sekitar 4,3 nautical mile," ujar Kepala Kantor SAR Pangkal Pinang, Fazzli, Rabu (1/12).

Pihaknya pun tengah melakukan koordinasi dengan kelompok nelayan sekitar Pantai Bembang, untuk melakukan penyelamatan dan evakuasi terhadap para ABK.

"Nelayan yang sedang berada di sekitar Pantai Jebus, berhasil menyelamatkan sembilan orang ABK KM Berkat Niaga Abadi dalam keadaan aman, di mana sebelumnya sembilan ABK tersebut menyelamatkan diri ke laut dengan peralatan rakit seadanya pada saat terjadi kebakaran, " tuturnya.

Dikatakan oleh Fazzli, para ABK KM Berkat Niaga sempat melakukan penyelamatan dengan terjun ke laut karena kondisi kapal yang ludes terbakar. Untuk penyebab kebakaran dari KM Berkat Niaga, pihaknya masih belum bisa memastikan.

"Sampai saat ini penyebab kebakaran belum diketahui, sedang melakukan proses pendalaman tim di lapangan. Dan untuk dentitas para korban yang selamat sedang dalam penggalian informasi lebih lanjut oleh anggota tim di lapangan," tandasnya.sinpo

Komentar: