Warning! WHO: Penutupan Total Akses Internasional Tak Mencegah Omicron Menyebar

Laporan: Samsudin
Kamis, 02 Desember 2021 | 08:58 WIB
Dunia mewaspadai varian Omicron yang mulanya terdeteksi di Afrika Selatan/net
Dunia mewaspadai varian Omicron yang mulanya terdeteksi di Afrika Selatan/net

SinPo.id - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada memperingatkan bahwa larangan perjalanan total (blanket travel ban) tidak akan mencegah penyebaran internasional varian Omicron COVID-19, bahkan setelah puluhan negara memberlakukan restriksi semacam itu.

Walaupun Omicron telah dilabeli sebagai "variant of concern" oleh WHO, badan dunia tersebut mengatakan bahwa larangan perjalanan total hanya akan menimbulkan beban berat pada kehidupan maupun penghidupan warga, serta "tidak mendorong negara-negara untuk melaporkan dan membagikan data epidemiologi dan pengurutan (sequencing)."

Dikutip dari Xinhua News, Kamis (3/12), varian Omicron pertama kali dilaporkan kepada WHO oleh Afrika Selatan pada pekan lalu. Sejauh ini, beberapa negara dan kawasan telah mengonfirmasikan kasus infeksi varian tersebut. Puluhan negara telah memperketat kebijakan perjalanan, dan bahkan menangguhkan penerbangan.

Dalam sebuah sesi rapat negara-negara anggota tentang varian Omicron pada Selasa yang sama, Direktur Jenderal (Dirjen) WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus berterima kasih kepada Botswana dan Afrika Selatan yang telah mendeteksi dan melaporkan varian ini dengan begitu cepat.

Kenyataan bahwa negara-negara tersebut seakan dihukum oleh negara-negara lain karena telah melakukan hal yang benar sungguh sangat mengkhawatirkan, lanjut Ghebreyesus.

Dia menyebut "kebijakan total dan tiba-tiba" yang diberlakukan oleh beberapa negara anggota "tidak didasarkan pada bukti serta tidak efektif bagi mereka sendiri."

Dirjen WHO itu mendesak negara-negara agar mengambil "kebijakan pengurangan risiko yang proporsional dan rasional sesuai Peraturan Kesehatan Internasional."

Selain itu, WHO menyarankan agar "orang-orang yang sedang tidak sehat atau berisiko mengalami penyakit COVID-19 parah dan meninggal dunia, termasuk orang-orang berusia 60 tahun ke atas atau para penyandang komorbid seperti penyakit jantung, kanker, dan diabetes," menunda rencana perjalanan mereka.sinpo

Komentar: