Aparat Bubarkan Massa Reuni 212 Di Kawasan MH Thamrin

Laporan: Ari Harahap
Kamis, 02 Desember 2021 | 12:13 WIB
Aparat kepolisian-TNI membubarkan massa aksi 212/ist
Aparat kepolisian-TNI membubarkan massa aksi 212/ist

SinPo.id - Massa aksi reuni 212 yang berkumpul di kawasan MH Thamrin dibubarkan oleh aparat gabungan dari kepolisian dan TNI. Sambil membacakan shalawat, massa aksi digiring oleh aparat menuju Jalan Sudirman.

Aparat gabungan dari kepolisian dan TNI membubarkan kerumunan massa dari 212 yang masih berada di kawasan Simpang Wisma Mandiri, MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis siang (2/12).

Berdasarkan pantauan di lapangan, personel kepolisian dan TNI menggunakan motor trail untuk menggiring massa yang didominasi berbaju putih-putih tersebut bubar.

Tidak ada perlawanan yang berarti dari puluhan massa yang membentangkan spanduk Habib Rizieq Shihab tersebut.

Sesekali ada massa yang berteriak dan menganggap aparat terlalu berlebih-lebihan dalam membubarkan massa.

"Lihat arogansi aparat, kita aksi super damai, Takbir" teriak salah satu massa sambil mendekati sorotan kamera awak media.

Hingga kini, kawasan Simpang Wisma Mandiri terpantau sepi dari massa 212. Terpantau, pos polisi dan kawat berduri yang menutup akses jalan menuju Patung Kuda Arjuna Wiwaha Jakarta.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menerangkan tindakan tersebut diambil untuk menghindari timbulnya kerumunan massa.

"Karena kami khawatir ini akan menambah jumlah kerumunan dan mengganggu arus lalu lintas di titik-titik tersebut. Maka kita imbau mereka untuk meninggalkan lokasi," terang Sambodo.

Pada pembubaran oleh anggota Brimob dan aparat TNI tersebut, massa aksi terlihat menurut dan mengikuti arahan petugas. Diketahui, massa dipukul mundur dari Wisma Mandiri ke arah Bundaran HI sambil mengucapkan shalawat.sinpo

Komentar: