Ibu Kota Lengang Dari Massa Reuni 212, Polisi: Akses Jalan Sudah Dibuka Bertahap

Oleh: Jihan
Kamis, 02 Desember 2021 | 15:02 WIB
Kondisi terkini jalan di DKI Jakarta usai reuni 212, Kamis (2/12) pagi/SinPo
Kondisi terkini jalan di DKI Jakarta usai reuni 212, Kamis (2/12) pagi/SinPo

SinPo.id - Sejumlah ruas jalan di kawasan DKI Jakarta yang sempat ditutup imbas adanya aksi reuni 212, Kamis (2/12) pagi mulai dibuka. Kondisi terkini jalanan ibu kota nampak lengang.

Pantauan di lapangan, jalanan di sekitar Patung Kuda hingga Jalan MH. Thamrin, Jakarta Pusat, nampak lengang setelah massa aksi Reuni 212 mulai membubarkan diri.

Sejak 12.30 WIB tadi, kepadatan di beberapa ruas jalan mulai dari Jalan MH Thamrin, Kebon Sirih, Wahid Hasyim, hingga Tanah Abang mulai kembali normal.

Ruas jalan tersebut sebelumnya dipadati massa yang hendak mengikuti Reuni 212 di sekitar kawasan Patung Kuda, meski akses jalan ke lokasi telah ditutup.

Suasana lengang juga tampak di simpang Sarinah, Jalan MH. Thamrin. Lokasi itu sebelumnya dijaga puluhan aparat. Dua kendaraan taktis polisi masih terparkir di tepi jalan.

“Udah normal semua sudah dibuka secara bertahap, mulai pukul 14.00 WIB,” ungkap Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes E Zulpan, saat dikonfirmasi.

Ia juga menjelaskan jalan menuju Patung Kuda dan sekitarnya juga sudah dibuka kembali. Pihaknya berharap, taka da lagi massa yang mencoba berangkat untuk aksi yang sudah bubar itu.

“Kita berharap tidak ada yang mebcoba berangkat lagi, sudah normal lah. Sudah steril sudah engga ada. Dari tadi cuman ada di Wahid Hasyim itu saja,” demikian Zulpan.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya melakukan penyekatan dan penutupan sejumlah jalan mulai Rabu (1/12) malam untuk mengantisipasi membludaknya massa reuni 212. Warga diimbau mencari jalan alternatif agar tidak terjebak kemacetan.

Salah satu titik yang akan dilakukan penyekatan yakni di kawasan Semanggi, Tugu Tani, dan Jalan Jenderal Sudirman-MH Thamrin.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, pengendara yang menggunakan atribut massa 212 dilarang melewati kawasan tersebut.

"Kawasan-kawasan yang menuju ke daerah ini nanti kami akan melaksanakan filterisasi, artinya seperti misalnya di Semanggi, Tugu Tani, kemudian sepanjang jalan Sudirman Thamrin, khusus untuk masyarakat masih bisa melintas," kata Sambodo kepada wartawan, Rabu.

"Tetapi untuk massa yang akan menghadiri perayaan 212 tidak boleh melintas, khusus untuk kawasan ini tidak boleh dilewati," ujar dia.sinpo

Komentar: