3 Siswi Magang Di Kelurahan Jombang Tangsel Jadi Korban Pelecehan Seksual

Laporan: Azhar Ferdian
Rabu, 15 Desember 2021 | 20:57 WIB
Kantor Kelurahan Jombang/Net
Kantor Kelurahan Jombang/Net

SinPo.id - Tiga orang siswi yang menjalani Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Kantor Kelurahan Jombang, Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel), menjadi korban pelecehan seksual yang dilakukan oknum pegawai. Kejadian itu membuat korban trauma ketiga korban hingga menolak datang kembali ke tempat PKL.

Korban masing-masing berinisial AN (16), NA (16) dan AW (17). Sedangkan pelakunya adalah SA pegawai berusia 54 tahun yang bekerja di kelurahan tersebut.

"Sedang berproses. Ini kasusnya ditangani sama Satgas Perlindungan Anak (PA) kelurahan," ungkap Lurah Jombang, Hasanudin, Rabu (15/12).

Menurut Hasanudin, SA merupakan pegawai dengan status honorer. Hasanudin mengaku telah memanggil dan meminta keterangan terhadap SA."Sanksinya pembinaan saja, sudah saya panggil," ujarnya.

Hasanudin belum mengetahui secara rinci sejak kapan pelecehan seksual dilakukan SA terhadap ketiga siswi. "Justru awalnya saya baru tahu dari Ketua Satgas PA, terus sudah saya panggil (pelaku). Anaknya (korban) sudah enggak masuk," ucapnya.

Sementara dihubungi terpisah, Kepala Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kota Tangsel, Tri Purwanto menuturkan, masih meminta klarifikasi dari Satgas PA soal kejadian itu

"Kemarin kita sudah datangin sekolahnya, makanya tinggal kita klarifikasi. Kita undang buat ke sini, Satgas PA-nya itu, biar orangtuanya itu tahu kejadian ini. Soalnya kita baru terima laporan," kata Tri.

Tri menjelaskan, pelaporan kasus pelecehan itu diterimanya pada Jumat 10 Desember 2021. Pihaknya langsung mendatangi sekolah di kawasan Lengkong Gudang Timur, Serpong. Namun, lanjut dia, pihak sekolah menyatakan ingin menyelesaikannya lewat jalur mediasi.

"Yang saya sayangkan, pihak sekolahnya ini mencoba untuk tidak menginformasikan itu ke orang tua, itu yang saya sayangkan," jelasnya.

Dilanjutkan dia, P2TP2A akan memanggil Satgas PA Kelurahan Jombang agar membeberkan kejadian itu pada orang tua korban. Selanjutnya, pendampingan conceling juga akan diberikan guna menghilangkan rasa trauma pada ketiganya. "Terutama menghilangkan rasa traumanya itu," ucapnya.sinpo

Komentar: