Omicron Masuk Indonesia, Dasco Imbau Masyarakat Tidak Panik

Laporan: Ari Harahap
Kamis, 16 Desember 2021 | 11:45 WIB
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menjawab pertanyaan wartawan terkait masuknya virus Omicron ke Indonesia/Halida Dianisa
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menjawab pertanyaan wartawan terkait masuknya virus Omicron ke Indonesia/Halida Dianisa

SinPo.id - Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menyampaikan rasa prihatinnya menyusul informasi telah ditemukannya kasus varian baru Covid-19 jenis omicron di Indonesia.

Koordinator Satgas Lawan Covid-19 DPR ini meminta Pemerintah untuk meneliti terkait kebenaran informasi tersebut.

"Kita minta kepada Pemerintah dalam hal ini Kemenkes, dan Satgas Covid-19 untuk kembali meneliti apakah benar itu Omicron atau bukan," ujar Dasco kepada wartawan di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (16/12).

Dasco mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan dan tidak panik menyusul informasi ini.

"Kepada para pengusaha, makanan, dan hiburan juga itu tetap dijaga prokesnya di tempat masing-masing," tegasnya.

Ketua Harian DPP Partai Gerindra itu yakin Pemerintah akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan setelah mendengar kabar tersebut.

"Kita menunggu kabar secepatnya dari Pemerintah. Langkah apa yg akan dilakukan oleh Pemerintah dan kita akan ikuti," tutup Dasco.

Sebelumnya diketahui, Pemerintah mengumumkan bahwa virus Covid-19 varian Omicron sudah masuk Indonesia.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa salah satu dari tiga pekerja kebersihan di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta positif Omicron setelah dilakukan Genome Sequencing.

"Kemenkes tadi malam mendeteksi ada pasien N terkonfirmasi Omicron per 15 Desember 2021,? kata Menkes melalui konferensi pers, Kamis (16/12).

Menkes melanjutkan, pasien N adalah pembersih di Wisma Atlet di mana Pada 8 Desember 2021 sampelnya diambil kemudian dikirim ke Kemenkes untuk di tes genome sequencing.

"Kami terima sampel 10 Desember, ada tiga pekerja pembersih yang positif tapi 1 yang positif omicron,? tandasnya.sinpo

Komentar: