12 Orang Tewas Imbas Ledakan Gas Di Saluran Pembuangan Bank Karachi

Laporan: Samsudin
Minggu, 19 Desember 2021 | 09:18 WIB
ledakan gas di Karaci Pakistan tewaskan 12 orang/AFP
ledakan gas di Karaci Pakistan tewaskan 12 orang/AFP

SinPo.id - Ledakan gas di sebuah cabang bank Karachi yang dibangun di saluran pembuangan limbah di kawasan industri kota, Sabtu (18/12) menewaskan sedikitnya 12 orang. Sementara belasan warga lainnya terluka.

Juru bicara polisi Sohail Jokhi mengatakan, penyebab ledakan di salah satu cabang bank terbesar di Pakistan, Habib Bank Limited, bisa jadi karena kebocoran gas.

Okhio mengatakan belum jelas apa yang memicu gas tersebut, tetapi tim ahli bahan peledak telah dipanggil untuk menyelidiki.

Sebuah pompa bensin yang terletak di sebelah bank di Kawasan Perdagangan Industri Sindh, dan mobil yang diparkir di dekatnya, rusak parah. Tayangan televisi menunjukkan lantai bank terkoyak, memperlihatkan jeruji besi bengkok.
“Investigasi sedang berlangsung untuk memastikan penyebab ledakan & perawatan yang diperlukan diberikan kepada yang terluka,” kata Administrator Karachi Murtaza Wahab dalam sebuah posting Twitter.

Seorang saksi, Mohammad Sameer, mengatakan dia berada di cabang bank yang ramai beberapa saat sebelum ledakan tetapi pergi sesaat sebelum ledakan. Dia mengatakan dia bergegas kembali ke bank yang rusak untuk menyelamatkan para korban.

“Alhamdulillah saya meninggalkan tempat itu jika tidak saya juga akan menjadi salah satu yang terkena dampak,” katanya.

Perdana Menteri Pakistan Imran Khan turut berduka cita dan mendoakan para korban.

"Doa sepenuh hati saya kepada para korban keluarga,” cuitnya.

Banyak saluran pembuangan kotoran di Karachi telah ditutup, sebagian besar secara ilegal, dengan membangun struktur beton di atasnya.

Mukhtar Abro, seorang administrator lokal, mengatakan konstruksi ilegal di atas area limbah ledakan sedang dalam pemberitahuan untuk dikosongkan dan strukturnya harus dihancurkan.

Hukum konstruksi sering dilanggar di Pakistan. Beberapa saluran pembuangan limbah telah dibeton di Karachi untuk membuka jalan bagi tempat parkir. Bulan lalu, Mahkamah Agung negara itu memerintahkan pembongkaran gedung apartemen bertingkat yang ditemukan telah dibangun di atas sebidang tanah ilegal di jalan raya utama Karachi.sinpo

Komentar: