Penuh Humanis! Polantas Kalideres Tertibkan Pengamen Kawasan Terminal Kalideres

Laporan: Rahmat
Minggu, 19 Desember 2021 | 15:12 WIB
Polantas menertibkan pengamen kawasan Terminal Kalideres/Rahmat/SinPo
Polantas menertibkan pengamen kawasan Terminal Kalideres/Rahmat/SinPo

SinPo.id - Dianggap kerap meresahkan pengguna jalan sekaligus mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas, sejumlah pengamen jalanan yang beroperasi di sekitar lampu merah di depan areal masuk Terminal Kalideres jalan Daan Mogot Jakarta Barat, Minggu (19/12), ditertibkan oleh petugas Polantas Kalideres.

Di lokasi, nampak salah satu pengamen yang turut ditertibkan petugas membawa seorang balita. Ia beralasan, balitanya itu tidak bisa dititipkan kepada orang lain ketika dirinya tengah mencari nafkah mengamen di jalan.

Penertiban tersebut dilakukan lantaran petugas kerap mendapati laporan dari masyarakat dan pengguna jalan khususnya para sopir angkot dan truk yang melintas di lokasi yang merasa resah dengan keberadaan para pengamen jalanan ini.

"Kita antisipasi kejahatan jalanan, kepada pengamen, tukang palak, dan tukang parkir liar, supaya tidak mengamen di jalanan dan mencari pekerjaan yang lain kita ajak makan bersama dan kita kasih pengarahan bahwa sadar kalau di jalanan itu berbahaya," ucap Kanit Lantas Kalideres, AKP Arif Rahman Hakim, di Jakarta Barat, Minggu (19/12).

Kendati ditertibkan, namun sejumlah pengamen ini tak dibawa ke panti sosial untuk dilakukan pembinaan. Petugas hanya memberikan teguran.

Selain itu, polisi yang nampak humanis juga mengajak serta para pengamen untuk makan mie ayam sebelum mereka diminta bubar kembali ke tempat tinggalnya masing masing.sinpo

Komentar: