Survei KedaiKOPI: Prabowo Subianto Capres Terfavorit 2024

Laporan: Khaerul Anam
Minggu, 19 Desember 2021 | 16:33 WIB
Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto/ Twitter @gerindra
Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto/ Twitter @gerindra

SinPo.id - Elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai salah satu Capres 2024 paling layak tak diragukan lagi. Berbagai survey sejumlah lembaga selalu menunjukan Prabowo berada di posisi top.

Survey kekinian KedaiKOPI (Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia), menempatkan Prabowo sebagai Capres teratas. Rilis survey itu disampaikan Direktur Lembaga Survei KedaiKOPI, Kunto Adi Wibowo dalam agenda Diskusi Publik “Dapur KedaiKOPI: Tutup Tahun 2021, Ini Kata Publik Tentang Calon Pemimpin 2024”, di Wiken Koffie, Tebet Barat, Jakarta Selatan, Minggu, (19/12).

Diskusi ini turut dihadiri pengamat politik Rocky Gerung, peneliti senior LIPI Siti Zuhro, Dosen Fakultas Ekonomi UI Ninasapti Triaswati serta Pakar Hukum Tata Margarito Kamis.

Prabowo memimpin dalam Survei Popularitas Tokoh yang dilakukan kepada 1200 responden di 34 provinsi di Indonesia ini. 93,0 persen responden menjawab mengenal Prabowo Subianto. Hanya 7,0 persen responden menjawab tidak kenal.

Kemudian, tokoh lain yang juga cukup populer yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan presentasi nilai mencapai 87,7 persen, Sandiaga Uno 79,7 persen, Ganjar pranowo 72,2 persen dan Agus Harimurti Yudhoyono 67,1 persen.

“Prabowo Subianto dominan di Jawa Timur & Jawa Barat, sedangkan Ganjar Pranowo kuat di Jawa Tengah & Bali. Sementara Anies Baswedan solid di DKI Jakarta dan Bengkulu," kata Kunto Adi Wibowo dalam keterangannya.

Adi menambahkan, dari sebaran pemilih ini terlihat bahwa masing-masing Capres yang kuat masih berbasis lokal. Dalam Survei yang dilakukan KedaiKOPI ini, menteri Pertahanan juga unggul dari segi Elektabilitas Tokoh Menteri.

Terlihat Prabowo unggul 47, 5 persen diikuti menteri lainya seperti Sandiago Uno 21,9 persen, Tri Rismaharini 12,6 persen, Erick Tohir 6,5 persen dan Airlangga Hartanto 1,6 persen.

Dari hasil survei juga terungkap bahwa responden ingin memilih calon presiden yang cerdas dan visioner lebih tinggi dari pada merakyat dan tegas.

“Hasil temuan ini menunjukan tren yang mulai bergeser dan kerinduan pemilih akan pemimpin yang cerdas dan visioner," tutup Adi.

Survei Opini Publik Menuju 2024 diselenggarakan pada 16-24 November 2021 dengan metode survei Face to Face Interview (Home Visit) dengan Error Sampling sebesar ± 2.83 persen pada pada interval kepercayaan 95.0 persen.sinpo

Komentar: