Malaysia Dilanda Banjir Parah Dalam 100 Tahun, 7 Warga Tewas

Laporan: Samsudin
Selasa, 21 Desember 2021 | 11:30 WIB
Puluhan ribu warga malaysia mengungsi akibat banjir/net
Puluhan ribu warga malaysia mengungsi akibat banjir/net

SinPo.id - Lebih dari 50.000 orang terpaksa meninggalkan rumah mereka di Malaysia dan sedikitnya tujuh orang tewas setelah negara itu menghadapi beberapa banjir terburuk selama bertahun-tahun, kata para pejabat setempat, Senin (20/12).

Tujuh orang dipastikan tewas di Selangor, menurut petugas pemadam kebakaran dan penyelamatan yang dikutip di surat kabar The Star. Dengan laporan orang lain hilang, jumlah korban diperkirakan akan meningkat.

Kepala Polisi Shah Alam Asisten Komisaris Baharudin Mat Taib mengatakan tiga orang tewas ditemukan di Taman Sri Muda, Shah Alam, pada Senin.

Dua di antaranya diyakini warga setempat, sedangkan jenazah ketiga belum diketahui identitasnya, lapor Sinar Harian. 

ACP  Baharudin sebelumnya dikutip mengatakan bahwa jenazah itu ditemukan oleh anggota masyarakat di dekat kondominium Alam Idaman di Shah Alam, Selangor, setelah permukaan air mulai surut sekitar pukul 19:50 pada hari Minggu . 

“Segera setelah diberitahu tentang panggilan darurat yang melibatkan tubuh seorang pria berusia 30-an, personel segera dikirim ke tempat kejadian.

"Almarhum diyakini tewas tenggelam," kata kepala polisi, menurut Malay Mail.

Bernama melaporkan bahwa pria tak dikenal itu adalah warga yang tinggal di kondominium Residensi Hijauan dan kasusnya telah diklasifikasikan sebagai kematian mendadak.

Kematian lainnya terjadi di Kuantan, Pahang. Jenazah pria 34 tahun ditemukan di Kampung Cempaka pada pukul 07.15, Senin.

Malay Mail, mengutip Radio Bernama, menulis bahwa pria itu telah diidentifikasi sebagai Mr Mohd Halmi Nazlan, yang sedang bepergian dengan mobil dengan pria lain dari Kuantan ke Pekan. 

Mayatnya ditemukan hampir sehari setelah dia hanyut dari mobil di tengah arus dan diambil oleh personel dari Departemen Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, tambahnya. 

Mobil itu ditemukan tenggelam sekitar 100 meter dari jembatan di mana mereka kehilangan kendali atas kendaraan, menurut Malay Mail. 

Sementara itu, delapan orang dilaporkan hilang di Bentong, Pahang. Mereka diduga hanyut terbawa arus banjir. 

Wakil direktur operasi Departemen Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Pahang Ismail Abdul Ghani seperti dikutip oleh Bernama bahwa tiga orang, termasuk seorang anak berusia enam tahun, dilaporkan hilang dalam insiden gelombang air di sebuah vila, sementara lima lainnya hilang di Telemong. 

Hujan deras yang melanda pantai barat Semenanjung Malaysia mulai Jumat malam telah digambarkan sebagai peristiwa "sekali dalam 100 tahun". 

“Curah hujan tahunan di Kuala Lumpur adalah 2.400mm dan ini berarti curah hujan (Jumat) telah melebihi rata-rata curah hujan selama sebulan. Ini sesuatu yang di luar dugaan dan hanya terjadi setiap 100 tahun sekali,” kata Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Air (KASA) Zaini Ujang seperti dikutip Bernama.

Akhir pekan hujan deras menyebabkan sungai meluap, membanjiri kota dan desa dan memutus jalan utama, dengan banyak pengendara terjebak di kendaraan mereka selama berjam-jam.

Jumlah pengungsi di seluruh negeri naik menjadi sekitar 51.000 pada hari Senin, menurut data resmi, dengan daerah yang paling parah terkena dampak adalah negara bagian timur Pahang, di mana sekitar 32.000 orang terpaksa meninggalkan rumah mereka.

Negara bagian Selangor yang terkaya dan terpadat di negara itu, di sekitar ibu kota Kuala Lumpur, telah terkena dampak parah - yang tidak biasa karena biasanya menghindari banjir monsun terburuk.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (NADMA) dikutip mengatakan bahwa tujuh negara bagian dan satu wilayah federal terkena dampak banjir, yaitu Kelantan, Terengganu, Pahang, Melaka, Negeri Sembilan, Selangor, Perak dan Kuala Lumpur.

Mahasiswa Eyilavarasi Magesuaran mengenang saat rumahnya terendam banjir di Shah Alam pada Minggu dini hari.

"Air mengalir ke rumah kami dari belakang dan belakang, menjebak kami di dalam," kata wanita berusia 21 tahun itu kepada AFP, seraya menambahkan bahwa dia disiagakan oleh anjingnya yang menggonggong.

"Saya sangat takut kami akan tenggelam. Kami telah tinggal di sini sejak 1995, dan tidak pernah mengalami banjir.

Malaysia dilanda banjir setiap tahun selama musim hujan, tetapi banjir pada akhir pekan adalah yang terburuk dalam beberapa tahun.

Pemanasan global telah dikaitkan dengan banjir yang semakin parah. Karena atmosfer yang lebih hangat menampung lebih banyak air, perubahan iklim meningkatkan risiko dan intensitas banjir dari curah hujan yang ekstrem.sinpo

Komentar: