Jamin Keamanan Muktamar NU, Polda Lampung Siagakan 3.288 Personel

Laporan: Samsudin
Rabu, 22 Desember 2021 | 12:28 WIB
Muktamar ke-34 NU dibuka Presiden dan Wakil Presiden/net
Muktamar ke-34 NU dibuka Presiden dan Wakil Presiden/net

SinPo.id - Polda Lampung memastikan akan menerjunkan 3.288 personel dalam rangka mengamankan kegiatan Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama (NU ), yang akan dilangsungkan di Pondok Pesantren Darussa’adah, Gunung Sugih, Lampung Tengah, Rabu-Kamis (22/23/12).

Kapolda Lampung Irjen Hendro Sugiatno mengungkapkan bahwa ribuan personel tersebut akan disebar ke beberapa titik di lokasi Muktamar NU guna memastikan kegiatan tersebut berjalan dengan aman dan damai.

Hendro menjelaskan, personel pengamanan akan dikerahkan di Gunung Sugih Lampung Tengah, Malahayati, UIN Raden Intan, dan Unila.

“Serta titik-titik lain yang akan dilalui karena nanti pembukaannya akan dihadiri Presiden dan Wakil Presiden,” kata Hendro kepada wartawan, Jakarta, Rabu (22/12).

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin dipastikan hadir pada Pembukaan Muktamar ke-34 NU, di Lampung.

Salah satu agenda yang paling dinantikan di Muktamar NU adalah suksesi Ketum PBNU. Belakangan ini, terdapat dua kandidat kuat calon Ketum PBNU berikutnya. Mereka adalah Ketum petahana, Said Aqil Siraj dan Katib Aam PBNU Yahya Cholil Staquf.

Gus Yahya sendiri disebut-sebut didukung sebanyak 447 Pengurus Cabang NU (PCNU) dan Pengurus Wilayah NU (PWNU), dalam Muktamar Ke-34 NU di Lampung pada 22-23 Desember 2021.

Dukungan pada Gus Yahya diberikan dalam bentuk ikrar pada acara silaturahim PCNU dan PWNU dengan Gus Yahya di Graha Wangsa, Bandarlampung, Selasa (21/12) malam.

Dalam silaturahim tersebut, ada tiga poin ikrar yang dibacakan, yakni mendukung penyelenggaraan Muktamar Ke-34 NU berjalan damai, sejuk dan bermartabat serta mendukung penyelenggaraan muktamar sesuai dengan protokol kesehatan dan mendukung KH Yahya Cholil Staquf menjadi Ketua Umum PBNU Masa Khidmat 2021-2026.sinpo

Komentar: