Puji Kinerja Firli Bahuri Dkk, Tjahjo Kumolo: Terimakasih KPK

Laporan: Khaerul Anam
Kamis, 23 Desember 2021 | 17:44 WIB
Firli Bahuri (kiri) dan Tjahjo Kumolo (kanan)/dok/kemenpan-RB
Firli Bahuri (kiri) dan Tjahjo Kumolo (kanan)/dok/kemenpan-RB

SinPo.id - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo mengapresiasi kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dibawah pimpinan Firli Bahuri. Tjahjo menyebut jarang dalam satu periode dua Menteri tertangkap.

"KPK yang dipimpin ketua Firli bahuri menunjukkan hasil-hasil yang signifikan, OTT beberapa kepala daerah, swasta sampai ASN yang dari tahun ke tahun Saya melihat masih ada kecenderungan meningkat," kata Tjahjo dalam webinar Launching Hasil Survei Penilaian Integritas (SPI) 2021, Kamis (23/12).

Tjahjo juga meingatkan kepada seluruh jajaran Kementerian lembaga dan pemerintah daerah untuk selalu berhati-hati dalam memahami masalah area rawan korupsi.

"Yang berkaitan dengan perencanaan anggaran, berkaitan dengan dana hibah dan dana Bansos, berkaitan dengan retribusi dan pajak, berkaitan dengan mekanisme pembelian barang dan jasa dan berkaitan dengan jual beli jabatan," ucapnya.

Apalagi sekarang, lanjut Tjahjo KPK telah menambah lagi daerah rawan korupsi, yaitu diarea tata kelola dana desa dan manajemen aset masalah-masalah perizinan.

Tjahjo menambahkan, bahwa pihaknya selalu mendorong kepada KPK untuk terus melakukan langkah-langkah supervisi dan melakukan langkah-langkah pencegahan yang sudah sampaikan pada program pendidikan anti korupsi.

"Juga jangan lupa OTT harus terus dilaksanakan untuk efek jera, kalau tidak kita lihat dari tahun ke tahun ASN kita ini yang terlibat semakin banyak," tambahnya.

"Terima kasih kepada KPK yang telah mengingatkan dan menyadarkan kepada teman-teman ASN yang ada," tutupnya.sinpo

Komentar: