Alhamdulillah! Sekolah Muhammadiyah Di Luar Negeri Bertambah, Kini Di Australia

Laporan: Farez
Rabu, 29 Desember 2021 | 11:11 WIB
Sekretaris PP Muhammadiyah Dr Agung Danarto/tangkapan layar
Sekretaris PP Muhammadiyah Dr Agung Danarto/tangkapan layar

SinPo.id - Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah melaunching sekolah Muhammadiyah di luar negeri tepatnya di Killarney Dr, Melton VIC 3337, Australia. Sekolah ini bernama Muhammadiyah Australia College (MAC).

Sekretaris PP Muhammadiyah Dr Agung Danarto mengatakan, PP Muhammadiyah telah memperoleh izin operasional sekolah Muhammadiyah Australia College (MAC) dari pemerintah Australia melalui Victoria Registration and Qualification Authority (VRQA) Departemen Education Australia pada tanggal 21 Desember 2021.

Sesuaikan izin yang diterbitkan VRQA Departemen Education, MAC adalah sekolah primary co-educational atau dari jenjang TK sampai SD.

"Alhamdulillah. Pendirian MAC melengkapi babak baru komitmen Muhammadiyah untuk membangun peradaban bersama yang mencerahkan di bawah panji Islam Berkemajuan yang berwawasan Rahmatan Lil Alamin di dunia internasional melalui program Internasionalisasi Muhammadiyah," ucap Agung Danarto dalam sambutannya dalam jumpa pers virtual Rabu (29/12).

Agung Danarto menambahkan, pendirian MAC juga dimaksudkan sebagai perluasan gerakan Muhammadiyah dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan pengembangan pendidikan di ranah global.

"Yang berfungsi strategis mewujudkan kemajuan dan persatuan antar bangsa," tuturnya.

Pendirian MAC ini merupakan program internasionalisasi Muhammadiyah pada era Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Haedar Nashir saat terpilih pada Muktamar Muhammadiyah ke-47 tahun 2015 di Makassar. Memutuskan dan memandatkan kepada PP Muhammadiyah terpilih untuk melaksanakan dan mengembangkan program internasionalisasi Muhammadiyah.

Diantara program yang bersifat globalisasi tersebut, selain pengembangan Pimpknan Cabang Istimewa (PCIM), beasiswa dan diaspora kader, forum-forum dialog antaragama dan perdamaian, serta program-program kemanusiaan di ranah global, secara khusus mengembangkan amal usaha strategis di luar negeri.

PP Muhammadiyah juga sebelumnya telah mendirikan Markas Dakwah dan TK Abadi Kairo Mesir, Usaha Ekonomi PCIM Malaysia, University Muhammadiyah Malaysia (UMAM), kini PP Muhammadiyah bersama PCIM Australia mendirikan Muhammadiyah Australia College (MAC).sinpo

Komentar: