Dukung Pertahanan Negara, Tjahjo Kumolo Ajak ASN Gabung Komcad

Laporan: Ari Harahap
Kamis, 30 Desember 2021 | 15:06 WIB
Menpan-RB, Tjahjo Kumolo/ist
Menpan-RB, Tjahjo Kumolo/ist

SinPo.id - Aparatur Sipil Negara (ASN) diminta untuk mendukung pertahanan negara sebagai wujud bela negara. Dukungan dari ASN itu diwujudkan dengan mengambil peran dalam pelatihan Komponen Cadangan (Komcad) Nasional.

Demikian disampaikan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo yang tertuang dalam Surat Edaran Menpan RB Nomor 27 Tahun 2021 tentang Peran Serta Pegawai Aparatur Sipil Negara Sebagai Komponen Cadangan dalam Mendukung Upaya Pertahanan Negara.

"Pemerintah melalui Kementerian Pertahanan membuka kesempatan bagi Warga Negara Indonesia untuk bergabung ke dalam Komponen Cadangan Nasional. Pegawai ASN termasuk bagian yang diharapkan bergabung dalam pasukan Komponen Cadangan," kata Tjahjo.

Tjahjo menjelaskan, ajakan untuk ASN bergabung dalam Komcad dapat menjadi peran mendukung upaya pertahanan negara. Pejabat pembina kepegawaian (PPK) di tiap instansi juga diharapkan memberi kesempatan bagi ASN yang memenuhi syarat untuk menjadi anggota Komcad.

Jika berminat, ASN bisa melakukan seleksi administrasi dan kompetensi sebagai calon Komcad. Setelah itu, ASN wajib melakukan pelatihan dasar kemiliteran selama tiga bulan.

Lebih lanjut, Tjahjo menjelaskan, dalam menjalankan pelatihan ASN akan mendapatkan uang saku, perlengkapan perseorangan lapangan, rawatan kesehatan, serta perlindungan jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian.

"ASN tetap menerima hak atas gaji dan tunjangan kinerja dan/atau tunjangan jabatan, seperti ketika menjalankan tugas kedinasan di instansinya," jelasnya.

Kemudian, pegawai ASN yang menduduki jabatan struktural tidak kehilangan jabatannya dan akan kembali menduduki jabatan tersebut jika selesai mengikuti pelatihan dasar kemiliteran.

Lalu, Tjahjo juga meminta PPK diharapkan menunjuk pelaksana harian yang menggantikan tugas pegawai ASN tersebut.

"PPK atau komite talenta agar memberikan pertimbangan positif sewaktu melakukan klasifikasi talenta bagi ASN yang terdaftar sebagai Komponen Cadangan," tandasnya.sinpo

Komentar: