Gubernur Lemhamnnas: Korupsi Menghambat Proses Pembangunan Nasional

Laporan: Khaerul Anam
Jumat, 31 Desember 2021 | 17:29 WIB
Gubernur Lemhanas Agus Widjojo/ist
Gubernur Lemhanas Agus Widjojo/ist

SinPo.id - Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Indonesia (Lemhannas), Agus Widjojo menyebut korupsi merupakan hambatan terbesar pembangunan nasional.

Hal itu diungkapkannya dalam pernyataan Akhir Tahun 2021 Lemhannas RI yang diselenggarakan secara hybrid.

"Penghambat terbesar terhadap proses pembangunan di negara manapun diakui datang dari tindak pidana korupsi,” kata Agus Widjojo, di Kantor Lemhannas, Jakarta Pusat, Jumat (31/12).

Menurut Agus, untuk menjamin kelancaran program pembangunan, perlunya menjaga momentum dan meningkatkan efektivitas program pemberantasan korupsi.

Hal itu yang dapat membangun Indonesia pada tahun 2022 semakin kuat dan sejahtera dengan memanfaatkan berbagai peluang dan kemajuan di semua bidang.

"Namun tetap selaras dengan nilai-nilai Pancasila,” ucap Agus. 

Agus menjelaskan, menurutnya, pemerintah daerah akan berjalan lebih baik dan efektif apabila perencanaan pembangunan yang berdasarkan pada aspirasi masyarakat, juga disandarkan kepada perencanaan pembangunan nasional.

“Dari sisi perencanaan, keselarasan visi-misi pemerintah pusat dan daerah diperlukan untuk menjamin kesinambungan pembangunan nasional,” ungkapnya.

Gubernur Lemhannas juga menghimbau kepada generasi muda, untuk wajib tahu sejarah peradaban dan warisan budaya Indonesia. Menurutnya, generasi muda perlu memahami kegemilangan dan kesalahan para pendahulu di masa silam.

Agus menambahkan, ciri-ciri manusia Indonesia yang memiliki identitas dan berkarakter kuat itu adalah punya rasa ingin tahu yang tinggi, berpikiran kritis dan kreatif dan juga berani mempelajari hal-hal baru.

“Kebudayaan, kesenian dan bahasa merupakan hal yang melekat di diri kita sejak dari buaian sampai akhir hayat. Hal itu pula yang membedakan manusia dengan robot yang menggunakan kecerdasan buatan,” tutupnya.sinpo

Komentar: