Tanggulangi Harga Minyak Goreng, Pemerintah Siapkan Subsidi Rp3,6 Triliun

  • Laporan:

SinPo.id - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa pemerintah mengambil kebijakan penyediaan minyak goreng untuk masyarakat Rp14 ribu per liter di tingkat konsumen yang berlaku di seluruh Indonesia selama enam bulan ke depan. 

"Evaluasi akan dilakukan di bulan Mei, dan (program) ini masih ada kemungkinan untuk diperpanjang. Volume yang akan disalurkan selama enam bulan tersebut adalah sebanyak 1,2 miliar liter," ujar Airlangga dalam press briefing virtual di Jakarta, Rabu (5/1). 

Setidaknya, sebanyak 70 produsen minyak goreng dan 225 packer akan dilibatkan dalam penyelenggaraan program tersebut. Airlangga pun mengatakan bahwa dibutuhkan anggaran untuk menutup selisih harga ditambah PPN sebesar Rp3,6 triliun. 

"Selain itu, Komite Pengarah memutuskan BPDP-KS menyediakan dan melakukan pembayaran sekitar Rp3,6 triliun, dan pihak BPDP-KS bisa menunjuk surveyor dan menyetujui perubahan postur anggaran BPDP-KS," ungkap Airlangga. 

Dalam rapat tadi, dia menyampaikan bahwa ada perihal Raportas Pangan, dimana Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi memperoleh penugasan terkait dengan kepastian ketersediaan minyak goreng dengan harga terjangkau, menyiapkan regulasi terkait Harga Eceran Tertinggi (HET). 

"Sementara BPDP-KS menyiapkan pendanaan untuk 6enam bulan, termasuk pembayaran PPN, dan mempersiapkan perjanjian kerjasama dengan PKS, dan juga penetapan surveyor independen," tambah Airlangga. 

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar