Militer Rusia Redam Kerusuhan Di Kazakhastan, Ini Janji Presiden Kassym-Jomart

Laporan: Samsudin
Jumat, 07 Januari 2022 | 09:04 WIB
Pasukan keamanan berjaga di sekitar lokasi alun-alun Almaty/Reuters
Pasukan keamanan berjaga di sekitar lokasi alun-alun Almaty/Reuters

SinPo.id - Presiden Kazakhstan Kassym-Jomart Tokayev mengatakan bahwa dia akan "berupaya sekuat mungkin" menjaga negara tersebut seiring dengan situasi di negara itu yang mencekam.

"Meskipun saya berulang kali menyerukan untuk tenang, orang-orang yang menyebut diri mereka 'pengunjuk rasa' terus memperburuk situasi di negara ini," demikian dikatakan Tokayev dalam pidatonya kepada rakyat Kazakhstan, menurut situs web resmi presiden, dikutip dari Xinhua News, Jumat 97/1).

Sekitar setengah dari wilayah negara itu dilanda kerusuhan, katanya, seraya menambahkan bahwa situasinya sangat genting khususnya di Kota Almaty.

"Sebagai presiden, saya berkewajiban untuk melindungi keselamatan dan kedamaian warga negara kita, mengkhawatirkan integritas Kazakhstan," kata sang presiden.

"Saya akan berupaya sekuat mungkin... Bersama-sama kita akan mengatasi periode suram ini dalam sejarah Kazakhstan," katanya.

Sebelumnya pada Rabu yang sama, Tokayev menandatangani dekrit presiden untuk menerima pengunduran diri pemerintah negara itu.

Sesuai dengan dekrit tersebut, anggota pemerintah akan tetap menjalankan tugasnya sampai pemerintahan baru terbentuk.

Pasukan pimpinan Rusia tiba di Kazakhstan di tengah kekerasan baru

Sebelumnya, pada Kamis (6/1), Kekerasan baru meletus di kota terbesar Kazakhstan. Rusia lantas turun tangan menerjunkan pasukannya untuk meredam pemberontakan di seluruh negeri di salah satu bekas sekutu Soviet terdekat Moskow.

Polisi di kota utama Almaty mengatakan mereka telah membunuh puluhan pengunjuk rasa. Pihak berwenang mengatakan setidaknya 18 anggota pasukan keamanan tewas, termasuk dua ditemukan dipenggal. Lebih dari 2.000 orang telah ditangkap.

Kendaraan yang terbakar memenuhi jalan-jalan Almaty, beberapa gedung pemerintah hancur dan selongsong peluru berserakan di halaman kediaman presiden, yang diserbu dan dijarah oleh pengunjuk rasa pada hari Rabu.

“Saya tidak tahu orang-orang kami bisa begitu menakutkan,” kata Samal, seorang guru taman kanak-kanak berusia 29 tahun, mengatakan kepada kantor berita AFP di dekat kediaman.

Personel militer mendapatkan kembali kendali atas bandara utama, yang sebelumnya direbut oleh pengunjuk rasa. Kamis malam menyaksikan pertempuran baru di alun-alun utama Almaty, yang diduduki secara bergantian oleh pasukan dan ratusan pengunjuk rasa sepanjang hari.

Pengerahan pasukan Rusia adalah pertaruhan oleh Kremlin bahwa kekuatan militer yang cepat dapat mengamankan kepentingannya di negara Asia Tengah yang memproduksi minyak dan uranium, dengan segera menghentikan kekerasan terburuk dalam 30 tahun kemerdekaan Kazakhstan.

Laporan media lokal mengatakan pasukan keamanan berhasil meredam demonstran dari alun-alun dan gedung-gedung penting pemerintah lainnya, tetapi ada juga laporan tembakan di tempat lain di kota.sinpo

Komentar: