Verifikasi Vaksin Halal Mendesak Dilakukan! Begini Kata PP Pemuda Muhammadiyah

Laporan: Farez
Sabtu, 08 Januari 2022 | 11:26 WIB
PP Pemuda Muhammadiyah dorong pemerintah verifikasi vaksin halal/net
PP Pemuda Muhammadiyah dorong pemerintah verifikasi vaksin halal/net

SinPo.id - Pemerintah didorong segera melakukan verifikasi dan sertifikasi terhadap setiap produk vaksin yang akan masuk ke Tanah Air. Kehalalan vaksin ini agar masyarakat tidak khawatir lagi tentang bahan hingga proses vaksin yang tidak dibenarkan secara agama.

Begitu disampaikan Bendahara Umum PP Pemuda Muhammadiyah Zaedi Basiturrozak dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (8/1).

"Sekali lagi ini bukan hal rumit menyangkut kedaruratan lagi. Apalagi kita sudah memiliki BPJKH yang concern terhadap sertifikasi kehalalan dan MUI yang bertanggungjawab atas fatwa," kata Zaedi.

Zaedi menuturkan, dari aspek kesadaran warga, tentu beban tanggungjawab tidak hanya menjadi domain pemerintah semata, melainkan ormas seperti Pemuda Muhammadiyah juga turut andil secara konsisten untuk menggerakkan kesadaran warga terkait pentingnya vaksin untuk self-protect dari serangan virus.

Sehingga, kata dia, Indonesia segera bisa bebas dari pandemi Covid-19 yang telah memporakporandakan semua tatanan kehidupan bangsa.

Namun demikian, patut diperhatikan juga agar program vaksin bisa berjalan maksimal, perlu garansi kenyamanan menyangkut status halal vaksin.

Melihat potensi penurunan angka Covid-19 yang sangat signifikan, artinya kita sudah melewati fase darurat. Tentu bukan perkara yang rumit untuk memilih dan prodak vaksin yang halal.

"Saya yakin jika disegerakan masyarakat akan lebih meningkat kesadarannya dalam melakukan vaksin," ucap Zaedi.sinpo

Komentar: