Dewan Pers SinPo

Tiba Di Indonesia, 4.435.200 Dosis Vaksin AstraZeneca Segera Didistribusikan

Laporan: Azhar Ferdian
Senin, 10 Januari 2022 | 01:00 WIB
Sebanyak 4.435.200 dosis vaksin AstraZeneca tiba di Indonesia/Net
Sebanyak 4.435.200 dosis vaksin AstraZeneca tiba di Indonesia/Net

SinPo.id - Pemerintah terus menggeber kedatangan vaksin Covid-19 untuk percepatan cakupan vaksinasi. Sebanyak 4.435.200 dosis vaksin AstraZeneca datang dalam tiga tahap. 

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Usman Kansong mengatakan, pada tahap ke-190 vaksin AstraZeneca yang tiba berjumlah 1.252.800 dosis. Kemudian tahap ke-191 tiba sebanyak 1.852.800 dosis, dan tahap ke-192 berjumlah 1.329.600 dosis. 

"Semua vaksin yang tiba dalam tiga tahap ini merupakan donasi COVAX," katanya dalam keterangan yang diterima, Minggu (9/1). 

Usman menjelaskan, Indonesia telah aktif menjalin kerja sama internasional dan multilateral, termasuk melalui WHO Access to Covid-19 Tools (ACT) Accelerator COVAX Facility. 

COVAX atau Covid-19 Vaccines Global Access sendiri merupakan sebuah inisiatif global yang ditujukan untuk akses setara untuk vaksin-vaksin Covid-19. Menurutnya, melalui COVAX juga, Indonesia terus aktif mengkampanyekan kesetaraan akses vaksin bagi seluruh negara di dunia. 

"Indonesia berperan aktif dalam upaya menyetarakan akses vaksin bagi negara-negara di dunia," ujar Usman. 

Ia memastikan, vaksin yang datang ini segera didistribusikan secara proporsional ke daerah-daerah yang membutuhkan, dalam rangka program vaksinasi nasional. Pemerintah pun telah mencanangkan bahwa program vaksinasi ini akan terus dipercepat dan diperluas hingga ditargetkan akan bisa rampung pada 2022. 

Padahal Gratis "Karena itu, kedatangan vaksin secara kontinyu menjadi sangat penting demi menjaga stok vaksin agar program vaksinasi bisa berlangsung secara lancar," ujarnya.sinpo

Komentar:
BONGKAR
Aplikasi Sinpo
POJOK SINPO
"Prabowo Harus Jadi Presiden"
"Mas Bowo harus jadi presiden, kali ini harus jadi dan harus menang."
Mantan Danjen Kopassus, Jenderal (Purn) Subagyo HS
BERITATERPOPULER