Polisi Kantongi Identitas Pria Tendang Sesajen Di Lumajang, Namanya.....!

Laporan: Samsudin
Senin, 10 Januari 2022 | 20:37 WIB
Pria terduga tendang dan buang sesajen di Lumajang/net
Pria terduga tendang dan buang sesajen di Lumajang/net

SinPo.id - Sebuah video viral yang memperlihatkan aksi membuang sesajen dan sarana ibadah umat tertentu yang berada di lereng Gunung Semeru viral di media sosial dan menuai kecaman luas.

Belakangan, diketahui tindakan tak terpuji tersebut dilakukan pada Jumat (7/1) dan bertempat di wilayah Desa Supiturang, Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti menyatakan pihaknya telah menemukan identitas pelaku tersebut. Timnya dipastikan telah berusaha menghubungi yang bersangkutan. Ia pun meminta masyarakat tetap tenang dan tak terprovokasi dengan ulah sang relawan tersebut.

"Identitasnya kami sudah tahu," kata Eka, melalui pesan singkatnya, pada Senin (10/1) siang.

Informasi yang diperoleh, pria tersebut bernama Hadfana Firdaus (32), warga Dusun Tarang Tereng, Kelurahan Tirtanadi, Kecamatan Labuham Haji, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Tetapi pihaknya tak mau lebih jelas memberikan keterangan dan meminta waktu untuk mengungkapnya.

"Indikasi ke arah seseorang sudah kami dapat, namun masih perlu waktu untuk kami ungkap," ucap Eka.

Aksi pria dalam video tersebut sebelumnya dikritisi Wasekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) Muhammad Ziyad. Ia menyesalkan tindakan itu.

"Hal itu tidak perlu dilakukan, meskipun menyaksikan bahwa praktik tradisi sesajen kepada makhluk halus atau jin atau penguasa alam sekitarnya yang diyakini masyarakat itu bertentangan dengan akidah Islam," kata Muhammad Ziyad kepada wartawan, Minggu (9/1).

Ziyad tidak menampik bahwa tradisi sesajen bertentangan dengan akidah Islam. Namun, dia meminta agar siapa pun yang berdakwah harus dilakukan dengan cara yang baik.

Dia juga menjelaskan penting memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa bencana erupsi Gunung Semeru merupakan takdir Allah SWT.

Sebelumnya diberitakan, sebuah video pembuangan sesaji di kawasan Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang viral beredar di media sosial. Ada dua video yang beredar berdurasi 30 detik dan 20 detik.

Tampak di dua video itu, pria dengan menggunakan pakaian abu-abu, rompi hitam, dan penutup kepala berwarna hitam membuang dan menumpahkan beberapa sesaji. Sesaji berupa beras, bunga, pisang, yang diletakkan di sebuah tempat dibuang pria yang bersangkutan.

Bahkan di video yang dilihat tersebut, pria ini mengambil sebuah sesaji yang diduga dijadikan rangkaian sembahyang agama Hindu. Sebab terlihat sesaji berupa canang sari diambil dari tempat persembahyangan kecil agama Hindu yang biasanya ada di rumah-rumah, atau desa. Sesaji itu ia buang sambil mengucapkan takbir beberapa kali.sinpo

Komentar: