Hari Ini, DPR Gelar Rapat Paripurna Pembukaan Masa Sidang III Tahun 2021-2022

  • Laporan:

SinPo.id - Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) akan menggelar Rapat Paripurna dengan agenda Pembukaan Masa Sidang ke III Tahun Sidang 2021-2022 pada hari ini, Selasa (11/1).

Berdasarkan jadwal dari Kesetjenan DPR-RI sidang digelar Pukul 10.30 WIB di Gedung Nusantara II Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta.

Sesuai hasil Keputusan Rapat Konsultasi Pengganti Rapat Bamus tertanggal 3 November 2021 tentang Kehadiran Fisik Anggota DPR-RI rapat dibatasi maksimal 75 persen.

Selain Pembukaan Masa Sidang ke III Tahun Sidang 2021-2021, rapat paripurna juga akan dilanjutkan dengan agenda Pergantian Antarwaktu Anggota DPR-RI dan Anggota MPR-RI Sisa Masa Jabatan Sisa Masa Jabatan Tahun 2019-2024.

Sebelumnya diberitakan, Ketua DPR RI Puan Maharani hari ini akan membuka Masa Persidangan III Tahun Sidang 2021–2022 DPR RI. Ada sejumlah hal yang akan disampaikan oleh Puan dalam pidato pembukaan masa sidang termasuk mengenai kelanjutan RUU Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS).

“Berbagai perkembangan maupun kendala dalam pembangunan nasional, akan ditindaklanjuti melalui fungsi konstitusional DPR RI pada masa persidangan ini,” kata Puan, Selasa (11/1).

Mantan Menko PMK itu juga akan membicarakan perkembangan mengenai RUU TPKS pada Rapat Paripurna pembukaan Masa Sidang DPR hari ini. Puan menyatakan, DPR RI berkomitmen untuk segera menyelesaikan RUU TPKS.

“RUU TPKS, telah menjadi RUU inisiatif DPR RI dan menjadi prioritas pada masa sidang ini. Penyusunan naskah dan harmonisasi RUU TPKS telah selesai dilakukan di Baleg DPR RI,” jelasnya.

“Dengan meningkatnya berbagai kasus kekerasan seksual akhir-akhir ini, maka  RUU TPKS telah menjadi kebutuhan hukum nasional yang perlu segera dibahas dan ditetapkan oleh DPR RI bersama Pemerintah,” sambung Puan.

Sejumlah hal lain yang akan dibahas pada Rapat Paripurna pembukaan Masa Sidang III Tahun 2021-2022 yakni terkait Anggaran 2022 dan Program Pemulihan sosial dan ekonomi. Berbagai isu penting yang sedang menjadi perhatian publik pun akan disoroti oleh Puan.

“Rakyat menantikan, fungsi Pengawasan DPR RI dapat ikut membantu memberikan solusi atas berbagai urusan yang dihadapi oleh Rakyat,” ujar Cucu Proklamator RI Bung Karno tersebut.

Selanjutnya Puan akan berbicara soal kesiapan DPR RI sebagai tuan rumah pada Sidang Umum ke-144 Inter Parliamentary Union (IPU) di Bali. Selain itu, DPR RI juga akan menjadi tuan rumah Parlemen dari Negara G20 melalui forum P20 yang diselenggarakan dalam satu rangkaian KTT G20 yang digelar Pemerintah.

“Tahun 2022, memberikan harapan dan kesempatan kepada kita untuk menjalankan amanat kedaulatan rakyat, melalui fungsi legislasi, anggaran, dan pengawasan, yang diarahkan bagi kepentingan negara dan rakyat,” tutup Puan.

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar