WHO Sebut Setengah Populasi Di Eropa Bisa Terpapar Omicron

  • Laporan:

SinPo.id - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan prediksi mengerikan terkait penyebaran varian Omicron Covid-19. Menurut pemodelan saat ini, lebih dari setengah populasi Eropa akan terinfeksi Omicron dalam 6 hingga 8 pekan ke depan. 

Berbicara pada Selasa (11/1), Direktur Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Eropa, Hans Kluge, memberikan peringatan keras tentang penyebaran virus corona. 

“Pada tingkat ini, Institut Metrik dan Evaluasi Kesehatan memperkirakan lebih dari 50 persen populasi di wilayah tersebut akan terinfeksi Omicron dalam 6-8 pekan ke depan,” ungkap Kluge dalam jumpa pers. 

Pejabat tinggi WHO di Eropa mengatakan ada 7 juta kasus Covid-19 yang baru dilaporkan di benua itu pada pekan pertama tahun 2022. Angka tersebut menunjukkan prevalensi varian Omicron telah berlipat ganda selama periode dua pekan. 

Varian yang sangat menular itu telah menyebabkan lonjakan besar dalam tingkat infeksi di seluruh benua Eropa. Pekan lalu, Prancis mencatat lebih dari 300.000 kasus Covid-19 dalam 24 jam. 

Omicron juga telah menyebabkan rekor tingkat infeksi Covid di Inggris dengan beberapa rumah sakit didorong hingga batasnya. 

Warga Inggris yang tidak divaksinasi mengambil sebagian besar tempat tidur rumah sakit akibat wabah tersebut. Prediksi mengerikan WHO ini membuat rumah sakit di benua Eropa diprediksi kewalahan menampung pasien baru.

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar