Breaking News: Pemimpin Senior Taliban Pakistan Ditembak Mati Di Afghanistan

Laporan: Samsudin
Rabu, 12 Januari 2022 | 09:15 WIB
Ilustrasi. Pemimpin senior Taliban Pakistan ditembak mati di Afghanistan/Aljazeera
Ilustrasi. Pemimpin senior Taliban Pakistan ditembak mati di Afghanistan/Aljazeera

SinPo.id - Seorang pemimpin senior Tehreek-e-Taliban Pakistan (Taliban Pakistan atau TTP) diinformasikan tewas di Afghanistan timur, menurut pejabat keamanan Pakistan saat proses pembicaraan damai antara kelompok bersenjata dan pemerintah tetap terhenti.

Khalid Balti, juga dikenal dengan nom de guerre Muhammad Khorasani ketika ia menjabat sebagai juru bicara kelompok itu, tewas di provinsi Nangarhar, sebuah sumber keamanan mengatakan kepada Al Jazeera pada hari Selasa.

Pejabat itu berbicara dengan syarat anonim karena dia tidak berwenang untuk berbicara kepada media tentang masalah ini.

"Jelas bahwa orang yang terbunuh adalah Khalid Balti," kata pejabat itu, sambil membenarkan pembunuhan itu terjadi di provinsi Nangarhar Afghanistan, di sepanjang perbatasan dengan Pakistan.

Ketika ditanya tentang keadaan pembunuhan itu, dia berkata, "Kami sedang mencoba untuk mendapatkan informasi itu."

Media lokal di Pakistan melaporkan bahwa Balti ditembak mati oleh orang-orang bersenjata tak dikenal, tetapi sumber tersebut tidak dapat mengkonfirmasi laporan tersebut.

Dalam sebuah pernyataan, Taliban Pakistan, mengatakan bahwa "penyelidikan sedang berlangsung" atas laporan bahwa Balti telah terbunuh.

“Harus diingat bahwa Mufti Khalid Balti saat ini tidak memiliki tanggung jawab apapun di [Taliban Pakistan],” kata pernyataan itu.

????Balti, panggilan untuk Muhammad Khorasani menjadi moniker untuk setiap juru bicara Taliban Pakistan berturut-turut, dan kelompok itu mengklarifikasi bahwa juru bicara saat ini masih "hidup dan sehat".

Balti, yang dikatakan berusia akhir 40-an, berasal dari wilayah Gilgit-Baltistan di Pakistan utara, dan mengambil alih sebagai juru bicara Taliban Pakistan dari Sheikh Maqbool – yang menggunakan alias Shahidullah Shahid – pada tahun 2014.

Tahun itu, militer Pakistan melancarkan operasi keamanan terhadap Taliban Pakistan di bekas markas dan benteng Waziristan Utara, menggusur kelompok itu dan banyak pejuangnya ke Afghanistan timur.

Sumber keamanan Pakistan menggambarkan Balti sebagai "pemimpin penting" Taliban Pakistan, bertentangan dengan klaim kelompok bersenjata itu.

Bulan lalu, gencatan senjata selama sebulan antara militer Pakistan dan Taliban Pakistan berakhir tanpa pembaruan, karena proses perdamaian yang baru lahir – ditengahi oleh Taliban Afghanistan – tampaknya terhenti.

Taliban Pakistan mengklaim pemerintah Pakistan telah mengingkari janjinya untuk membebaskan tahanan Taliban Pakistan dan menghentikan serangan keamanan di tempat persembunyian TTP.sinpo

Komentar: