Habib Kribo Remehkan Bangsa Arab, Begini Jawaban Menohok Eks Diplomat PBB

  • Laporan:

SinPo.id - Pernyataan Habib Zein Assegaf alias Habib Kribo yang mempertanyakan adat budaya Bangsa Arab menjadi sorotan berbagai kalangan. Termasuk salah satunya seorang mantan diplomat PBB, Anis Prince Dache.

Prince mendesak Habib Kribo untuk segera meminta maaf atas ucapannya yang dianggap menyinggung Bangsa Arab tersebut. Dia mengingatkan jangan sampai persoalan ini menjadi masalah besar.

"Saya minta, mending keluar klarifikasi dan minta maaf daripada ini jadi salah paling besar di hidup kamu, dan sebelum telat," ujar Prince dikutip dari akun Tiktoknya @princedache, Rabu (12/1).

Menurut Prince, ucapan Habib Kribo salah besar. Dia juga menjelaskan istimewanya Arab yang menjadi tempat turunnya Agama Islam hingga kata pertama dalam Al-Quran.

"Agama Islam turun di tanah Arab. Plus kata pertama yang turun ke Nabi SAW, ‘iqra’, kata Arab, turun di tanah Arab, ke orang Arab, Nabi SAW," katanya.

Lebih lanjut, Mantan Chief of Protocol & Etiquette African Union itu menilai pernyataan Habib Kribo yang menyebut bangsa Arab tidak punya tokoh intelektual, disebabkan karena Habib Kribo tidak pernah belajar histori orang Arab.

Maka dari itu, Dia menyarankan Habib Kribo untuk memperdalam dan belajar terlebih dahulu sebelum menyampaikan sesuatu kepada publik.

Prince pun kemudian menyebutkan sejumlah nama-nama ilmuwan muslim yang berasal dari jazirah Arab.

“Mulai dari Muhammad bin Musa Khawarizmi yang mungkin kamu nggak tahu, bisa jadi. Dia bikin algoritma. Al Khawarizmi salah satu ulama matematika, kalau bukan dia, enggak ada angka nol, enggak ada angka. Jadi kalau bukan dia, enggak ada laptop, enggak ada kamera, enggak ada HP yang kamu pake sekarang buat jelekin bangsa Arab,” tegasnya.

“Plus ada yang lain juga, Abu Bakar Ar Razi, Ibnu Chaldun, Ibnu Sina, Abu Nasr Al Farabi, Ibnu Batani, Ibnu Battutah, Ibnu Rusyd. Jadi sebelum buka mulut, belajar dulu histori bangsa Arab,” tambahnya.

Prince menegaskan bahwa apa yang dikatakan oleh Habib Kribo itu merupakan penghinaan terhadap budaya Arab. Habib Kribo juga dianggap telah menghina Islam.

“Di negeri Arab, ada 22 negara, 377 juta orang, enggak ada yang mungkin toleransi. Kamu menghina budaya atau kultur Arab,” tutur Prince.

“Kalau kamu menghina Arab dan budaya Arab, itu seperti kamu menghina Islam, karena Islam dan Arab terkoneksi,” tandasnya.

Sebelumnya, potongan video Habib Kribo tersebar luas di jejaring media sosial. Video itu memperlihatkan dirinya sedang berpendapat tantang bangsa Arab.

“Arab itu kalau tidak ada ka'bah tidak punya kehormatan, apa saja sih budaya Arab? Tidak ada. Bangsa yang enggak punya budaya, bangsa yang tidak melahirkan intelektual,” ujarnya.

“Bangsa yang tidak pernah melahirkan intelektual, siapa coba intelektual Islam dari Arab? Tidak ada,” ungkapnya.

“Islam di sana masih jauh dari kesempurnaan, jadi jangan sok islami lah,” tegas Kribo.

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar