Cuaca Buruk, BMKG Imbau Masyarakat Waspada Petir

  • Laporan:

SinPo.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan warga di wilayah Banten untuk mengantisipasi potensi peningkatan curah hujan. Tak hanya itu, BMKG mencatat sambaran petir di sepanjang awal Januari 2022 ini meningkat dibandingkan awal Desember 2021. 

"Sambaran petir yang terdeteksi di wilayah Banten pada periode 1-10 Januari 2022 sebanyak 88.616 kali sambaran, lebih tinggi sekitar 172 persen frekuensi sambarannya dibandingkan dengan periode 1–10 Desember 2021 yaitu 32.559 sambaran," ujar Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Stasiun Geofisika Klas I Tangerang, Urip Setiyono, pada Rabu (12/1). 

BMKG mengimbau masyarakat berhati-hati saat beraktivitas di luar ruangan, terlebih ketika hujan lebat. Apabila sedang berada di luar ruangan, warga diimbau menghindar pohon, tiang listrik, dan juga area lapang. "Pohon yang tersambar petir, energinya dapat melompat ke tubuh. Jauhi tiang listrik, menara, atau sesuatu yang tinggi yang mudah tersambar petir," katanya. 

Selain petir, BMKG meminta masyarakat tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode sepekan ke depan. Cuaca ekstrem itu berpotensi menimbulkan bencana.

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar