Ajang Street Race Dinilai Langkah Cerdas Atasi Balapan Liar Di Jakarta

Laporan: Azhar Ferdian
Rabu, 12 Januari 2022 | 20:33 WIB
Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni/Net
Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni/Net

SinPo.id - Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni mengapresiasi kreativitas Polda Metro Jaya dalam menanggulangi balap liar di Jakarta melalui ajang street race di Ancol, Jakarta Utara. 

Pendaftaran balapan motor itu baru dibuka pada Selasa (11/1) dan akan dimulai pada 16 Januari 2022 mendatang. Menurut Ketua Organizing Committee (OC) Formula E ini, street race merupakan salah satu solusi merangkul para pembalap liar dengan cara yang tepat dan konstruktif. 

“Selama ini memang persoalan balap liar di Jakarta belum terselesaikan sehingga ajang ini merupakan salah satu solusi yang tepat di mana polisi melakukan pendekatan dengan cara yang lebih persuasif dan tidak memaksa. Justru para pembalap diarahkan ke sesuatu yang lebih positif. Ini adalah langkah cerdas dan humanis,” ujar Sahroni dalam keterangannya, Rabu (12/1).

Dia berharap ajang street race ini para anak muda yang hobi balapan liar dapat menyalurkan bakatnya secara legal dan aman, tanpa khawatir bertentangan dengan aparat penegak hukum. 

“Semoga ajang yang diinisiasi Pak Kapolda Metro ini selain bisa mengurangi angka balapan liar di Jakarta juga bisa menjadi ajang penyaluran bakat bagi anak muda yang memang hobi balapan,” katanya. 

“Jadi tidak ada lagi fenomena kejar-kejaran atau pembubaran paksa karena mereka sekarang memang sudah difasilitasi,” tambahnya.sinpo

Komentar: