KPK Amankan Uang Dalam OTT Bupati Penajam Paser Utara, Jumlahnya Masih Dihitung

  • Laporan:

SinPo.id - Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan KPK di wilayah calon Ibu Kota Negara (IKN) mengejutkan. Dalam OTT ini, KPK mengamankan Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas’ud bersama dengan sejumlah pihak swasta.

Ketua KPK, Firli Bahuri mengatakan, OTT tersebut berlangsung pada Rabu (12/1) malam.

“Tadi malam kami melakukan tangkap tangan terhadap bupati di wilayah kalimantan,” ungkap Firli, saat dikonfirmasi, Kamis (13/1) pagi.

Firli menegaskan, selain Bupati Penajam Paser Utara, pihaknya juga mengamankan beberapa pihak lainnya. Ada 10 orang yang diduga terlibat. Semuanya kini diamankan oleh Tim Kedeputian Bidang Penindakan KPK.

“Terima kasih atas dukungan masyarakat dan seluruh pihak, sehingga KPK bisa melaksanakan tugas-tugas pemberantasan korupsi,” tuturnya.


Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron menambahkan, dalam OTT ini, pihaknya tutur mengamankan sejumlah uang.

"(Diamankan) Ada orang dan uang. Berapa dan siapa tunggu dulu masih diperiksa," kata Ghufron, Kamis (13/1).

Dia menyebut saat ini pihaknya masih menghitung jumlahnya dan meminta konfirmasi kepada beberapa pihak yang saat ini berstatus terperiksa.

"Mengenai jumlahnya masih dihitung dan akan dikonfirmasi kepada para terperiksa lebih dahulu," kata Ali.

Ghufron juga belum menjelaskan suap itu terkait apa. Dia menyebut saat ini KPK masih melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

"Kami masih melakukan pemeriksaan selama 1x24 jam untuk memperjelas duduk perkaranya," ucapnya.

Pihak-pihak yang ditangkap dalam OTT ini masih berstatus sebagai terperiksa. KPK punya waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum para pihak tersebut.

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar