Evaluasi, Jokowi Ingatkan Soal Bongkar Muat Logistik MotoGP Mandalika

  • Laporan:

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Kunjungannya kali ini untuk menindaklanjuti evaluasi persiapan pelaksanaan Mandalika MotoGP 2022. 

Dalam sambutannya dalam rapat terbatas, Jokowi meminta para menteri dan stakeholders untuk meninjau kembali aspek-aspek penting terkait persiapan sirkuit Mandalika. Aspek yang ditekankan Jokowi terutama pada persiapan bongkar muat logistik pihak official tim-tim pembalap MotoGP. 

"Untuk loading dan unloading logistik bagi tim yang berlaga. Jangan sampai isu kecil-kecil seperti kemarin di superbike ada kesalahan dalam membongkar logistik tanpa seizin tim sehingga menjadi suaranya menjadi ke arah yang negatif,” papar Jokowi via video yang diunggah akun Instagram @sekretariat.kabinet pada Kamis (13/1). 

Jokowi memperingatkan hal tersebut dikarenakan pertimbangan waktu yang terlampau dekat. Jokowi menekankan persiapan perhelatan MotoGP tinggal menghitung waktu sebulan lagi. 

”Karena tinggal satu bulan lagi untuk persiapan pre-season test yaitu 11, 13 Februari dan dua bulan untuk MotoGP Series di 18-20 Maret 2022,” tegas Jokowi. 

Semua permintaan Jokowi ini didasarkan pada harapannya untuk meningkatkan potensi ekonomi di sekitar Mandalika, khususnya Lombok. "Kita juga ingin agar Mandalika ini tidak hanya urusan balap motor, tetapi juga memberikan efek pertumbuhan ekonomi pada masyarakat,” tutur Jokowi. 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menyampaikan pernyataan yang senada dengan Presiden Jokowi. Basuki mengatakan Kementerian PUPR akan mengutamakan landscape Mandalika menjadi lebih indah sesuai arahan presiden. 

"Penataan Jalan bypass Bandara International Lombok (BIL)- Mandalika harus mengedepankan estetika melalui kegiatan penghijauan dan penataan koridor jalan sehingga lebih ramah lingkungan dan bisa menjadi contoh jalan nasional yang baik,” tambahnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar