RUU IKN Segera Disahkan, Dasco: Pansus Bekerja Dengan Sangat Teliti

  • Laporan:

SinPo.id - Pimpinan DPR menyebut Pembahasan Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (RUU IKN) dilakukan secara hati-hati.

Bahkan, Panitia Khusus (Pansus) RUU IKN disebut bekerja hingga malam untuk membahas RUU tersebut.

Demikian disampaikan Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad kepada wartawan di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (14/1).

"Ini kan mereka kerja sampai malam kan gitu, nah sehingga pembahasannya juga cukup hati-hati," ujar Dasco.

Dasco menilai target pengesahan RUU IKN mendapatkan persetujuan tingkat I pada Selasa (18/1) bukan suatu hal yang terburu-buru. Mengingat kinerja yang telah dilakukan oleh pansus.

"Memang (penetapan) pansus tanggal 7 Desember, tapi pansus walaupun reses tetap kerja bahas RUU yang disepakati DPR dan pemerintah. Bahwa ada bolak-balik substansi dibahas mekanismenya begitu," jelasnya.

Ketua Harian Partai Gerindra itu menyebut segala ketidaksesuaian yang dilakukan dalam pembahasan telah menemukan solusi sehingga berjalan sesuai dengan mekanisme yang ada.

"Bahwa kemudian itu terjadi (ketidaksesuaian) yang mekanismenya begitu untuk dicari solusi terhadap kebuntuan-kebuntuan yang ada. Saya lihat Alhamdulillah pembahasan berjalan sudah lancar," tandasnya.
Sebelumnya, Ketua Panitia Khusus RUU Ibu Kota Negara Ahmad Doli Kurnia menyatakan Rapat Paripurna DPR RI untuk mengesahkan RUU IKN menjadi UU akan digelar pada Selasa (18/1).


Pernyataan itu disampaikan Doli usai rapat kerja dengan pemerintah di ruang rapat pansus, Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (13/1).

"Insya Allah paripurna tanggal 18 (RUU IKN disahkan jadi UU)," ujarnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar