Ajang Street Race Juga Akan Digelar Di Jabodetabek

Laporan: Azhar Ferdian
Senin, 17 Januari 2022 | 01:10 WIB
Ajang Street race di Jalan Inspeksi, Ancol, Jakarta Utara/Net
Ajang Street race di Jalan Inspeksi, Ancol, Jakarta Utara/Net

SinPo.id - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Fadil Imran meminta jajaran Polres di Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jadetabek) agar segera menyiapkan lintasan balap street race seperti di kawasan Inspeksi Kali Ancol, Jakarta Utara. 

”Nanti saya akan minta masing-masing polres mencari tempat di wilayahnya masing-masing untuk memfasilitasi adik-adik yang berbakat dalam dunia motor sport,” kata Fadil, Minggu (16/1). 

Fadil juga membocorkan lokasi selanjutnya, yang saat ini tengah dipersiapkan beberapa Polres diantaranya Polres Tangerang Selatan, Polres Bekasi yang menyatakan siap mengakomodir gelaran Street Race di kota penyangga tersebut. 

”Saya sudah minta Kasatlantas Bekasi, Kasatlantas Tangerang untuk mencari lokasi. Dan alhamdulilah di Tangsel, di Serpong sudah siap nanti kita akan akomodir, fasilitasi, kanalisasi, adek-adek ini untuk wilayah daerah penyangga Tangerang,” ujarnya. 

Fadil menegaskan bahwa balapan perdana ini bukanlah sekedar seremonial, melainkan ajang balapan yang akan berkelanjutan secara tiga bulan sekali.

”Jangan dilihat hari ini saja, ini sebuah awalan dari ikhtiar transformasi. Kegiatan ini adalah sebuah dan metode yang sudah dikembangkan oleh Polda Metro Jaya," tuturnya. 

Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat sekaligus Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyebut Street Race Polda Metro Jaya keren. Ia berharap agar dapat menemukan bibit pembalap Indonesia. 

”Hanya satu kata keren. Harapannya dapat menemukan bibit pembalap di Indonesia,” kata Bamsoet. 

Menurut dia, ini merupakan tugas IMI untuk mengedukasi para pembalap yang perlu diperhatikan keselamatan. 

Sebagai informasi, kuota 350 pembalap sudah terpenuhi semua. Mereka dibagi dalam beberapa kelas, mulai dari kelas matik 4 tak, sport 2 tak, kelas Sunmori, bebek 2 tak, bebek 4 tak, kelas FFA, sport 4 tak, bahkan kelas Vespa juga ada.sinpo

Komentar: