Baru Diresmikan, Jembatan Senilai Rp10 Miliar Di Karawang Sudah Rusak

Laporan: Azhar Ferdian
Senin, 17 Januari 2022 | 01:28 WIB
Baru diresmikan, jembatan di Kabupaten Karawang sudah rusak/Net
Baru diresmikan, jembatan di Kabupaten Karawang sudah rusak/Net

SinPo.id - Kerusakan jembatan KW 6 di Kelurahan Karawangpawitan, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang kian parah. Padahal jembatan tersebut belum sebulan diresmikan oleh Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana. 

Kondisi jembatan yang dibangun dengan biaya Rp10 miliar, Sabtu (15/1/22) pagi sempat ambles dan Minggu pagi (16/1) kondisi jalan sudah terbelah hingga ke tengah jalan. Lalu lintas yang menuju jembatan ditutup total, hingga pejalan kaki juga dilarang melintas. 

Berdasarkan pantauan di lokasi, kondisi jembatan yang sebelumnya ambles, saat ini semakin melebar ke jalan dan terbelah hingga 5 meter. Diduga penyangga jembatan yang ambles sepanjang 20 meter jadi penyebabnya. Material jembatan yang menempel di sisi saluran irigasi longsor hingga membuat sisi jembatan ambles. 

Kondisi itu membuat jalan di jembatan terbelah hingga lima meter. Pekerja tampak terlihat tengah memperbaiki kerusakan, namun karena kerusakan terus melebar hingga mereka kebingungan. Apalagi jalan yang sebelumnya retak saat ini mulai terbelah.  

"Ini tidak bisa lagi ditambal sulam tapi harus dibongkar lagi dibangun ulang. Rusaknya sudah parah karena semakin ambles hingga jalan juga terbelah," kata salah seorang pekerja, Minggu (16/1). 

Seperti diberitakan sebelumnya, jembatan KW 6 di Kelurahan Karangpawitan Kecamatan Karawang Barat rusak akibat pondasi tiang jembatan ambles. 

Ironisnya, jembatan penghubung antara Kecamatan Karawang Barat dengan Rawamerta belum sebulan diresmikan Bupati Cellica. Jembatan yang dibangun dengan anggaran Rp10 miliar itu diduga dikerjakan secara asal-asalan. sinpo

Komentar: