Alert! Para Pakar Ingatkan Ancaman 'Genosida' Muslim Di India

Laporan: Samsudin
Senin, 17 Januari 2022 | 10:21 WIB
Muslim India terancam genosida/Ferdi Awed/Opn Images/Barcroft Media via Getty Images
Muslim India terancam genosida/Ferdi Awed/Opn Images/Barcroft Media via Getty Images

SinPo.id - Pendiri dan direktur Genocide Watch Gregory Stanton mewanti-wanti akan kemungkinan terjadinya genosida atau pembunuhan massal Umat Muslim di India. Ia memprediksi, kasus yang terjadi di Tutsi di Rwanda pada 1994 silam bisa saja terulang di India.

Hal itu ia sampaikan selama pengarahan kongres AS terkait “tanda dan proses” awal genosida di negara bagian Assam, India, dan Kashmir yang dikelola India.

Stanton mengatakan genosida bukanlah sebuah peristiwa tetapi sebuah proses dan menarik kesejajaran antara kebijakan yang ditempuh oleh Perdana Menteri India Narendra Modi dan kebijakan diskriminatif pemerintah Myanmar terhadap Muslim Rohingya pada tahun 2017.

Di antara kebijakan yang dia kutip adalah pencabutan status otonomi khusus Kashmir yang dikelola India pada 2019 – yang mencabut otonomi khusus Kashmir yang mereka miliki selama tujuh decade. Selain itu, munculnya Undang-undang Amendemen Kewarganegaraan pada tahun yang sama, yang memberikan kewarganegaraan kepada minoritas agama tetapi mengecualikan umat Islam.

Stanton, mantan dosen studi genosida dan pencegahan di Universitas George Mason di Virginia, mengatakan dia mengkhawatirkan skenario serupa dengan Myanmar, di mana Muslim Rohingya pertama kali dihukum dengan dikatakan bukan warga negara dan kemudian diusir melalui kekerasan dan genosida.

"Apa yang kita hadapi sekarang adalah jenis plot yang sangat mirip," katanya.

Stanton mengatakan ideologi Hindutva “bertentangan dengan sejarah India dan konstitusi India dan menyebut Modi sebagai “ekstremis yang telah mengambil alih pemerintahan”.

Pada tahun 1989, Stanton mengatakan dia telah memperingatkan presiden Rwanda saat itu Juvénal Habyarimana bahwa "jika Anda tidak melakukan sesuatu untuk mencegah genosida di negara Anda, akan ada genosida di sini dalam waktu lima tahun".

Tanda-tanda peringatan dini diikuti oleh pembantaian 800.000 orang Tutsi dan orang Rwanda lainnya pada tahun 1994.

“Kita tidak bisa membiarkan itu terjadi di India,” kata Stanton.

Genocide Watch mulai memperingatkan genosida di India pada tahun 2002, ketika periode tiga hari kekerasan antar-komunal di negara bagian Gujarat di India barat mengakibatkan pembunuhan lebih dari 1.000 Muslim.

Tanggapi dengan serius

Aakar Patel, seorang aktivis HAM yang berbasis di Bengaluru, penulis dan mantan kepala Amnesty International di India, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa laporan tersebut harus ditanggapi dengan “sangat serius”.

“Saya pikir sejarah dalam catatan kekerasan sipil India menunjukkan apakah negara melakukan sesuatu yang memprovokasi kekerasan (terhadap Muslim) atau tidak cukup berbuat untuk menghentikannya,” kata Patel.

"Saya pikir pemerintah India perlu menganggapnya serius ... Orang-orang di luar secara alami khawatir ketika hal-hal seperti itu dikatakan di India dan tidak ada yang dilakukan oleh negara," katanya mengacu pada seruan baru-baru ini untuk genosida Muslim yang dibuat di sebuah acara oleh kelompok Hindu sayap kanan.

MM Ansari, mantan komisaris informasi dan pendidik yang berbasis di New Delhi, menyebut laporan itu "mengkhawatirkan". "Ketakutan itu sangat nyata," katanya.

Pakar lain mengecam meningkatnya serangan terhadap vendor dan bisnis Muslim oleh kelompok supremasi Hindu. Pada bulan November, kelompok garis keras Hindu membakar rumah mantan menteri luar negeri Muslim, Salman Khurshid, yang membandingkan jenis nasionalisme Hindu yang berkembang di bawah Modi dengan “kelompok ekstremis” seperti ISIL (ISIS).

Bantahan BJP

Syed Zafar Islam, juru bicara pemerintah Partai Bharatiya Janata (BJP) yang berkuasa, menolak laporan Genocide Watch, dengan mengatakan "tidak ada hal-hal seperti yang digambarkan".

“Pertama-tama kesan yang mereka buat secara faktual tidak benar,” kata Islam, seraya menambahkan bahwa banyak contoh yang disorot oleh media jauh dari kenyataan.

“Ada kasus (penyerangan) tetapi tidak terbatas pada satu komunitas. Dalam masyarakat, terkadang kami saling menyerang karena alasan seperti sengketa properti atau sengketa lainnya. Hal ini tidak hanya terjadi antara Hindu dan Muslim saja, tetapi juga terjadi di antara umat Hindu,” katanya.

Muslim terdiri hampir 14 persen dari 1,4 miliar penduduk India, sementara umat Hindu masih membentuk hampir 80 persen dari populasi.

BJP Modi dan induk ideologisnya, sayap kanan Rashtriya Swayamsevak Sangh (RSS), telah memperingatkan umat Hindu tentang konversi agama ke Islam dan Kristen, dan menyerukan tindakan untuk mencegah “ketidakseimbangan demografis” di negara berpenduduk terbesar kedua di dunia itu.sinpo

Komentar: