Menag Konfirmasi 11 Tim Advance Umrah Terpapar Omicron Sepulang Dari Arab Saudi

Laporan: Ari Harahap
Senin, 17 Januari 2022 | 16:25 WIB
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas/net
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas/net

SinPo.id - Sebanyak 11 orang tim advance dari penyelenggara perjalanan ibadah umrah (PPIU) positif terpapar Covid-19 varian Omicron usai pulang dari Arab Saudi.  Petugas yang dinyatakan positif tersebut terpapar tanpa gejala (OTG). 

Hal itu disampaikan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas kepada wartawan di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (17/1). 

“Betul. 11 orang (tim advance positif) Omicron, karena enggak ada gejalanya, OTG," ujar Yaqut. 

Yaqut mengungkapkan kasus ini akan menjadi pelajaran tersendiri bagi Kemenag. Mengingat, pihaknya tetap saja terpapar Omicron meski sudah mejaga protokol kesehatan dengan ketat. 

"Ya kita kan berusaha untuk hati-hati menjaga semua protokol kesehatan, tetapi tetap saja kena. Ini jadi pelajaran buat kita semua," jelasnya. 

Lebih lanjut, Dia berharap masyarakat untuk dapat menahan diri terlebih dahulu untuk menjalankan ibadah umrah. Apalagi, Yaqut mengingatkan bahwa umrah bukanlah ibadah yang wajib. 

“Kalau saya boleh ya, sebenarnya saya gini, sudahlah kita tunggu dulu. Kan, umrah itu bukan ibadah yang wajib. Kalau boleh mengimbau, kami imbau tahan diri dulu deh. Tapi kembali, itu berpulang ke masing-masing,” tandasnya.sinpo

Komentar: