Jelang MotoGP Mandalika 2022, Pelabuhan Lembar Disiapkan Untuk Kapal Pesiar

Laporan: Azhar Ferdian
Selasa, 18 Januari 2022 | 00:48 WIB
Sirkuit Mandalika/Net
Sirkuit Mandalika/Net

SinPo.id - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut siap mendukung gelaran MotoGP seri Indonesia yang akan dilaksanakan pada 18-20 Maret 2022 mendatang. Dukungan dalam bentuk menyiapkan sarana transportasi laut di Pelabuhan Lembar khususnya Terminal Penumpang Gili Mas. 

“Kemenhub melalui kantor KSPI bersama PT Pelindo telah melakukan beberapa pengembangan di Terminal Penumpang Gili Mas. Hal ini dilakukan untuk melakukan peningkatakan pelayanan serta fasilitas untuk kapal berstandar pariwisata termasuk Kapal Pesiar,” kata Kepala Kantor KSOP Kelas III Lembar, R Pradigdo dalam keterangan resmi, Senin (17/1). 

Adapun Luas dermaga 440 m x 26 m dengan kapasitas ruang tunggu 1.500 orang, jadi terminal ini sudah cukup luas dan memadai. 

“Selain itu, pengembangan juga dilakukan di beberapa zona yaitu Zona Petikemas. Zona Logistik, Zona Perkantoran dan Bisnis Perdagangan, Zona Pariwisata / Marina, Zona Utilitas, Zona Pemerintah Draft Alur & Kolam dan Kapasitas Kontainer,” ucapnya. 

Terdapat tiga kapal yang beroperasi di Terminal Gili Mas yaitu KM Mutiara Timur I dengan kapasitas penumpang 360 orang, KM Mutiara Barat dengan kapasitas penumpang 599 orang dan KM Mutiara Sentosa III dengan kapasitas penumpang 684 orang. Menurutnya, Pelabuhan Lembar sudah mulai beroperasi, salah satunya KM Kirana VII yang mengangkut penumpang dan kendaraan dengan Surabaya - Lembar dan sebaliknya.

“Para pengusaha saat ini sudah mulai ramai bookingan untuk bulan Maret nanti untuk mengangkut puluhan unit kendaraan dari Makassar dan Surabaya menuju Lombok. Kami siap mendukung pariwisata dan pengembangan obyek pariwisata skala prioritas di Mandalika dengan menyiapkan sarana dan prasarana pelabuhan yang memadai," ujarnya. 

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari PT Pelindo Cabang Lembar, mulai Februari hingga Desember mendatang akan ada beberapa kapal pesiar yang sandar di Terminal Gili Mas. 

”Gaung MotoGP sudah mulai kelihatan sejak jauh hari dan sudah disiapkan sarananya. Harapannya ketika animo masyarakat khususnya dari Pulau Jawa meningkat, kita sudah siap dari segi angkutannya,” tutupnya.sinpo

Komentar: