Soal Pemberangkatan Haji Tahun Ini, Menag: Februari Ada Kepastian

Laporan: Azhar Ferdian
Selasa, 18 Januari 2022 | 02:32 WIB
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas/Net
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas/Net

SinPo.id - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menargetkan, Februari 2022 sudah ada kejelasan soal penyelenggaraan ibadah haji. Itu adalah batas maksimal untuk menyiapkan keberangkatan perdana jemaah asal Indonesia yang diasumsikan pada 5 Juni.

"Kalau target, kita punya target. Mudah-mudahan bulan depan, di Februari, ada kejelasan," kata Menag saat rapat kerja bersama Komisi VIII DPR RI di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (17/1).

Yaqut menambahkan, hingga saat ini otoritas Arab Saudi belum memberikan kepastian soal penyelenggaraan ibadah haji 1443 Hijriah/2022 Masehi. Meski pemberangkatan jemaah haji asal Indonesia sudah tertunda selama dua tahun.

Sembari menunggu kepastian, Kementerian Agama tetap terus menyiapkan segala kemungkinan pemberangkatan calon jemaah haji lewat tiga skema. Yakni kuota penuh, kuota terbatas, maupun tidak memberangkatkan sama sekali.

"Persiapan kita lakukan agar ketika apapun keputusan nanti yang diberikan terkait ibadah haji, kita semua sudah bisa siap melaksanakannya, baik itu dilaksanakan secara penuh, terbatas, maupun tidak sama sekali," tutupnya.sinpo

Komentar: