DKI Jakarta Dikepung Banjir, Sejumlah Kendaraan Nekat Terabas Genangan Mogok

Laporan: Rahmat
Selasa, 18 Januari 2022 | 16:51 WIB
Banjir Cengkareng, Jakarta Barat/SinPo/Rahmat
Banjir Cengkareng, Jakarta Barat/SinPo/Rahmat

SinPo.id -  Sejumlah ruas jalan di DKI Jakarta pada Selasa (18/1) ini dilanda banjir hingga mencapai 50-60 cm. Imbasnya, lalulintas macet parah. Selain itu, para pengendara yang nekat menerobos banjir harus pasrah kendaraanya mogok hingga harus didorong.

Pantauan SinPo.id di lapangan, di jalan raya Tanjung Duren, Jakarta Barat misalnya, ketinggian air di kawasan mencapai 30-40 cm. Pengendara roda dua maupun roda empat yang nekat melawan banjir nampak mendorong kendaraanya karena mogok.

Tidak hanya itu, sebuah truk dari dinas tata air DKI Jakarta juga terlihat mogok dan mengeluarkan kepulan asap tebal usai menerjang tingginya banjir dikawasan ini.

"Motor saya mati pas di tengah-tengah jadi mogok, saya terpaksa terobos banjir karena kehujanan," ucap seorang pengendara Lidya, kepada SinPo.id, Selasa (18/1).

Di Jalan Budi Mulya, Pademangan Barat, terjadi genangan setinggi 20 sentimeter. Selain hujan genangan ini terjadi karena luapan kali yang berada disebelahnya. Hal serupa juga terjadi di Jalan Gunung Sahari menuju arah Senen, Jakarta Pusat maupun sebaliknya kearah Ancol. Ketinggian air di jalan ini sudah mencapai 50 sentimeter. 

Selain derasnya intensitas hujan sejak tadi pagi, genangan di ruas jalan ini terjadi karena luapan anak kali Ciliwung yang berada di depan Mangga Dua Square, Pademangan, Jakarta Utara.

Sementara itu, Jalan Lodan Raya hingga Jalan Inspeksi Ancol juga terkena imbas dari hujan yang telah mengguyur sejak tadi pagi. Akibatnya banyak pengendara yang mengalami kesulitan melintas bahkan ada yang mengalami mogok. 

Di Daan Mogot Cengkareng Jakarta Barat, ketinggian banjir mencapai 50 hingga 60 cm. Banjir tak kunjung surut, lantaran pompa air penyedot banjir rusak tersumbat sampah.

"Situasi di PL Cengkareng di km 13,5 di depan hotel samara terjadi genangan setinggi 50 hingga 60 cm ya, berimbas terjadi kemacetan yang padat dari arah Kalideres ke arah Grogol," ucap Kanit Lantas Cengkareng, AKP Arifin, di lokasi.

Genangan banjir setinggi 60-70 cm juga terlihat di lajur lambat Jl. Letjend R Suprapto setelah Tl. Cempaka Putih yang akan menuju ke Simpang Lima Senen. Pihak kepolisian yang bertugas di lokasi  pun mengalihkan sementara kendaraan melalui lajur cepat dan jalur busway.

“Dihimbau bagi pengendara untuk berhati-hati,” kata polisi yang bertugas di lokasi.

Sementara itu, dikutip dari laman media sosial TMC Polda Metro Jaya, diinformasikan terdapat genangan air setinggi 25 cm sepanjang 200 m di depan PT. Gudang Garam Jl. Jend Ahmad Yani arah Sunter.sinpo

Komentar: