Jokowi Kantongi Calon Kepala IKN Nusantara, Ada Nama Ahok?

Laporan: Ari Harahap
Selasa, 18 Januari 2022 | 17:09 WIB
Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa/SinPo/Halida
Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa/SinPo/Halida

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut telah menyiapkan nama calon Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) yang baru. Bahkan nama tersebut disebut telah berada di kantong Presiden Jokowi.

Demikian disampaikan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dalam jumpa pers di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (18/1).

"Mengenai siapa yang akan ditunjuk oleh Presiden, ya bisa ditanya ke Presiden. Ada di kantongnya beliau," ujar Suharso.

Namun, Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu menyebut dirinya belum mengetahui secara pasti tentang siapa sosok yang akan dipilih oleh Presiden Jokowi.

"Saya tidak tahu, tapi tentu pasti pilihannya pilihan orang yang tepat untuk itu," tegasnya.

Sebelumnya, Ketua Pansus RUU Ibu Kota Negara (IKN) Ahmad Doli Kurnia menyebut pengangkatan Kepala IKN merupakan otoritas Presiden. Sehingga, Dia meminta kepada semua pihak untuk tidak berspekulasi.

"Saya enggak tahu ya, sekali lagi, karena memang dalam Undang-Undang itu adalah otoritasnya pak presiden, saya kira kita jangan berspekulasi," ujar Doli saat jumpa pers di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (18/1).

Doli menjelaskan dalam Undang-undang yang baru disahkan tersebut tidak diatur secara khusus apakah Kepala IKN harus dari Aparatur Sipil Negara (ASN) atau dari partai politik.

"Itu bebas saja, karena diangkat oleh presiden, dikonsultasikan ke DPR. Dan ingat, nanti itu posisinya setingkat dengan kementerian," tandasnya.

Sebelumnya, nama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok hingga Abdullah Azwar Anas masuk sebagai kandidat yang dipertimbangkan Presiden Jokow Widodo (Jokowi) sebagai Kepala IKN.

"Kandidat memang banyak. Satu, Pak Bambang Brodjonegoro, dua Pak Ahok, tiga Pak Tumiyana, empat Pak Azwar Anas," ungkap Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/3/2020).

Sebenarnya, saat itu Jokowi mengatakan keputusan akan diambil dalam waktu dekat. Hanya saja sampai sekarang belum ada nama yang ditunjuk sebagai Kepala IKN.sinpo

Komentar: