Direndam Banjir Sejak Kemarin, Warga Tegal Alur Mulai Dievakuasi Ke Lokasi Aman

Laporan: Rahmat
Rabu, 19 Januari 2022 | 18:09 WIB
Banjir merendam rumah warga Tegal Alur, Jakarta Barat/SinPo/Rahmat
Banjir merendam rumah warga Tegal Alur, Jakarta Barat/SinPo/Rahmat

SinPo.id - Banjir yang mencapai 1 meter, membuat warga di jalan lingkungan 3 RT 03, RW 03 Kelurahan Tegal Alur Kecamatan Kalideres Jakarta Barat, Rabu(19/1), terpaksa harus dievakuasi.

Tak hanya menggunakan perahu karet, proses evakuasi warga yang terjebak banjir juga dengan cara digendong petugas yang menerjang ketinggian air banjir di lokasi. Sejumlah petugas dari Pemkot Jakarta Barat bersama Karang Taruna tampak berupaya membantu mengevakuasi warga.

Dari data sementara, sebanyak 8 RW terdampak banjir yang disebabkan oleh cuaca hujan tinggi dan rob air laut. Sebanyak 500 warga telah mengungsi ke sejumlah tempat yang telah disediakan seperti tempat ibadah, tenda, rumah susun, dan RPTRA.

"Lokasi banjir ada 8 RW dan sebagian RT dari yang terkena dampak banjir, ada 571 warga sudah dievakuasi ke sejumlah tempat yang telah disediakan,” ucap Plt Wakil Walikota Jakarta Barat, Iin Mutmainah, di Jakarta Barat, Rabu (19/1).

Pihak Pemkot Jakarta Barat melalui suku dinas sosial juga telah menyalurkan bantuan berupa makanan siap saji sebanyak 2500 boks, selimut sebanyak 50 buah dan tikar sebanyak 20 lembar.

Ketua RT 005 RW 006 Tegal Alur Suhud Panggabean mengatakan bahwa banjir mulai merendam wilayahnya pada Selasa kemarin.

"Hari Selasa sudah mulai banjir, terus hujan kan siang dan malam, berlanjut sampai saat ini," kata Suhud saat ditemui di lokasi, Rabu (19/1).

Hujan yang terus menerus terjadi, kata Suhud, membuat debit air yang menggenangi permukiman warga bertambah.

"Tadi jam 10.00 pagi debit air bertambah, dari 40 sampai 60 sentimeter," ujarnya.sinpo

Komentar: