Polisi Belum Terima Surat Permohonan Penangguhan Penahanan Ferdinand Hutahaean

Laporan: Azhar Ferdian
Rabu, 19 Januari 2022 | 21:52 WIB
Ferdinand Hutahaean saat di Bareskrim Polri/Net
Ferdinand Hutahaean saat di Bareskrim Polri/Net

SinPo.id - Bareskrim Polri belum menerima surat permohonan penangguhan penahanan Ferdinand Hutahaean (FH). Ferdinand ditahan di Rutan Bareskrim Polri setelah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan ujaran kebencian bermuatan SARA. 

"Penjelasan penyidik Ditipid Siber permohonan penangguhan penahanan atas nama tersangka FH sampai saat ini belum diterima," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan kepada awak media, Jakarta, Rabu (19/1). 

Polri tidak serta-merta langsung menangguhkan penahanan Ferdinand jika telah menerima permohonan tersebut. "Yang pasti dipertimbangkan dulu. Tentu akan menjadi pertimbangan apa yang menjadi alasan penangguhan penahanan," ujarnya. 

Ramadhan menekankan, Bareskrim tidak mau terburu-buru untuk mengabulkan penangguhan penahanan terhadap Ferdinand. Apalagi, saat ini, penyidik sedang mengebut pemberkasan dari perkara itu. 

"Kita belum cepat-cepat mengambil keputusan. Kita lihat dulu alasannya apa. Proses tuh sedang berjalan menuju pemberkasan," ucap Ramadhan. 

Sejauh ini, polisi telah memeriksa 38 saksi terkait kasus ujaran kebencian yang menjerat Ferdinand Hutahaean. Jika dirincikan, saksi-saksi tersebut terdiri dari 17 saksi dan 21 saksi ahli. 

Atas perbuatannya Ferdinand dijerat dengan Pasal 14 ayat (1) dan (2) KUHP dan Pasal 45 ayat (2) jo Pasal 28 ayat (2) Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Pasal itu berkaitan dengan pelanggaran tersangka yang diduga bermuatan ujaran kebencian yang berpotensi menimbulkan keonaran.sinpo

Komentar: