Said Didu Prediksi Proyek IKN Bakal Mangkrak Karena Tanpa Studi Kelayakan

Laporan: Azhar Ferdian
Kamis, 20 Januari 2022 | 00:13 WIB
Muhammad Said Didu/Net
Muhammad Said Didu/Net

SinPo.id - Mantan Sekretaris Kementerian BUMN Muhammad Said Didu memperkirakan, Proyek Ibu Kota Negara doprediksi akan mangkrak djika tidak diawali dengan studi kelayakan.

Prediksi tersebut dilontarkannya melalui cuitannya di Twitter @msaid-didu.

"Perkiraan saya, proyek IKN akan mangkrak spt proyek2 lainnya yg tdk diawali dg study kelayakan," cuit Said Didu, Rabu (19/1).

Tak hanya itu, dirinya juga mempersilahkan publik untuk mencatat mention soal IKN tersebut.

"Silahkan publik mencatat mention saya ini. 2012 saya mention bhw mbl esemka adlh bohong 2016 saya mention bhw KA cepat tdk laik dan tdk layak serta jalan tol akan rugi," cuitnya lagi.

Sebelumnya, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengungkapkan, ibu kota baru di Kalimantan Timur akan diberi nama "Nusantara". 

Hal ini diungkapkan Suharso dalam rapat Panitia Khusus Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (RUU IKN) dengan pemerintah di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (17/1/2022). 

"Ini saya baru mendapatkan konfirmasi dan perintah langsung dari Bapak Presiden yaitu pada hari Jumat. Jadi sekarang hari Senin, hari Jumat lalu, dan beliau mengatakan ibu kota negara ini Nusantara," kata Suharso, Senin. 

Suharso menuturkan, nama ibu kota tersebut awalnya ingin dimasukkan ke dalam RUU IKN, tetapi ditahan sebelum akhirnya diberikan konfirmasi oleh Presiden Joko Widodo.

Lebih lanjut, Suharso mengatakan, nama Nusantara dipilih karena kata tersebut sudah dikenal sejak lama dan ikonik di dunia internasional.

"Alasannya adalah Nusantara sudah dikenal sejak dulu, dan ikonik di internasional, mudah dan menggambarkan kenusantaraan kita semua, Republik Indonesia," kata Suharso. sinpo

Komentar: